Menteri BUMN RI, Petani Jangan Hanya Mengandalkan Alam Saja Tapi Harus Bertransformasi Dengan Teknologi

0
156

Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Minggu 23 Januari 2022, Menteri BUMN RI, H. Erick Thohir, BA, MBA, melakukan kunjungan kerja ke PT. Perkebunan Nusantara VIII Gedeh, di Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, untuk menemui kurang lebih 500 orang petani.

Kedatangan Menteri BUMN RI dilokasi sekira pukul 14.15 WIB itu disambut langsung oleh Bupati Cianjur H. Herman Suherman, ST, M.AP, Direktur PT. Perkebunan Nusantara VIII Gedeh Didi Prasetyo, Kapolsek Cugenang Kompol L Woro Wuryani S.H, Danramil 05/Cugenang Kapt. Arm Yayan Ruhiyat, Camat Cugenang Komariah S. IP, M. AP.

Pada acara yang bertemakan ‘Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kemitraan Usaha Dengan PTPN’ itu, diisi dengan memperkenalkan program kemitraan dengan kelompok tani dan memperkenalkan produk yang dibuat oleh PTPN VIII Gedeh yaitu WALINI yang sekaligus dilakukan penandatangan secara simbolis dengan para mitra usaha serta penyerahan secara simbolis produk yang telah di ekspornya.

Dalam sambutannya, Direktur PT Perkebunan Nusantara VIII Gedeh Didi Prasetyo menyampaikan, pihaknya akan memperbanyak varian dalam pengemasan produknya.

“Kita akan memperbanyak varian untuk teh ini dalam pengemasan yang lebih baik lagi, serta kedepan akan berkolaborasi dengan stek holder lain dalam kerjasama untuk perkembangan pemanfaatan,” kata Didi Praseryo.

Sementara itu, Menteri BUMN RI H. Erick Thohir, BA, MBA menyampaikan, pihaknya akan membangun tranformasi PTPN ini bukan hanya untuk PTPN saja, tapi juga untuk sekelilingnya.

“Jadi kita tidak hanya mengandalkan alam saja, namun untuk area perkebunan sekarang ini, harus di transformasi juga oleh teknologi,” Kata Menteri BUMN RI.

Orang nomorsatu di Kementerian BUMN RI melanjutkan, pertanian perlu ditingkatkan dari pada kualitasnya untuk lebih, dan untuk lahan yang ada kita boleh bermitra dengan swasta.

“Saya berharap wisata alam ini bisa terus dijaga, jangan terlalu banyak membangun-bangunan, karena akan menimbulkan cuaca yang panas. Nah untuk transformasi di PTPN VIII ini, diharapkan akan mendapat perubahan seperti di PTPN III. Maka saya titipkan kepada Direksi dan Komisaris yang baru supaya bisa berubah,” harapnya.

Usai melaksanakan kegiatan di PT. Perkebunan Nusantara VIII Gedeh, sekira pukul 15.35 WIB, Menteri BUMN RI H. Erick Thohir, BA, MBA, meninggalkan lokasi untuk melakukan shooting dengan Denny Caknan di Dapur Kuring Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Selama acara berlangsung, terpantau dari pihak kepolisian Resort Cianjur melalui Sat Intelkam, Sat Lantas dan jajaran Polsek Cugenang melakukan Pamka dan Pamtup guna mengantisipasi segala kerawanan yang mungkin terjadi.

Sebelumnya Sat Intelkam Polres Cianjur melakukan Pamwalkat terhadap rangkaian kegiatan rombongan Menteri BUMN RI Menteri BUMN RI H. Erick Thohir, BA, MBA, untuk melakukan Deteksi Dini mengantisipasi adanya berbagai pihak yang kontra dengan kunjungan Menteri BUMN RI di Kabupaten Cianjur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here