Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Material longsor yang menutupi jalan Nasional di Kampung Patrol Kolot RT 3/11 Desa Sukabakti Naringgul Cianjur Selatan Jawa Barat mengakibatkan kemacetan panjang hingga berjam-jam. Akhirnya dievakuasi alat berat berupa loder yang diturunkan Kementerian PUPR melalui PJN.2 PPK 2.5 Jabar, Sabtu (09/01).

Berdasarkan pantauan wartawan, alat besar tersebut tiba dilokasi sekira pukul 19.30 WIB. Langsung membersihkan material longsoran. Sehingga sekira pukul 20.26 WIB jalan yang tertutup material longsor sudah bisa dilewati kendaraan.

Kepada wartawan, Kawaslap PPK .2.5 Jabar, Heri Kuseno mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan satu unit alat berat berupa loder untuk mengevakuasi longsoran.

“Setelah menerima laporan adanya longsor dari warga, kami dari PJN.2 PPK.2.5 Jabar cepat tanggap untuk menaganinya,” kata Heri dalam sambungan telpon selluler saat dihubungi wartawan, Sabtu (09/01).

Heri melanjutkan, material logsor berupa lumpur dan kerikil juga bebatuan yang terbawa arus banjir hingga menutupi jalan Nasional. Karena itu, pihaknya langsung bersihkan dengan menggunakan alat berat. Selama evakuasi berlangsung dihimbau kepada para pengendara agar berhati-hati saat melintas.

” Ya, tentunya kami mengimbau pada para penguna jalan baik roda dua maupun empat atau lebih, karena ini musim penghujan diharapkan agar berhati-hati. Karena jalur jalan Naringgul ini termasuk rawan longsor,” pesannya.

Terakhir Heri menyampaikan, untuk saluran air itu memang sudah ada. Tapi kalau curah hujannya tinggi kenapa masih bisa terjadi banjir.

” Kedepan terkait penanganan di jalan Nasional yang sering terjadi banjir dan longsor ini, kita akan prioritaskan perbaikan badan jalan. Karena memang jalur Naringgul ini masih ada sebagian yang lebarnya masih 5 meter dan 4 meter, nanti akan kita ajukan ke atasan dan mudah-mudahan diprioritaskan juga,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here