Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Rumah panggung tidak layak huni  ukuran 6X4 Meter, milik pasangan suami istri (Pasutri) Solihin (72) dan Juansih (63) warga Kampung Pasir Malaka RT 02 /10 Desa Nanggalamekar Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, Rabu (23/6/2021) dibongkar dan langsung dibangun masyarakat setempat.

Pembangunan rumah tersebut, diawali dengan peletakan batu pertama oleh Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Cianjur, Muspika Ciranjang, Kepala Desa Nanggalamekar, TKSK dan tokoh masyarat setempat.

Kadinsos Kabupaten Cianjur, Ahmad Mutawali mengatakan, pembangunan perbaikan Rutilahu milik pasutri Solihin dan Juansih warga Desa Nanggalamekar, itu merupakan salah satu Program seratus hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Cianjur H. Herman Suherman dengan TB Mulyana, dengan tema, “Manjur Bebenah,”.

Hal itu  dimulai adanya informasi dari Kepala Desa itu sendiri melalui pihak Kecamatan Ciranjang yang melaporkan ada warga Desa Nanggalamekar ada rumah yang rumahnya tidak layak huni dan nyaris ambruk.

Atas laporan tersebut, pihaknya langsung respon. Satu hari sebelumnya langsung meninjau ke lokasi dan sekarang melaksanakan pembangunannya. Sebelum Rutilahu dibongkar dan dibangun, pihaknya  terlebih dahulu melakukan lelang anggaran pembangunan Rutilahu didepan Muspika Ciranjang,  Desa Nanggalamekar dan tokoh masyarakat setempat.

“ Pelelangan dana pembangunan rumah milik Solihin, berjalan dengan lancar dan mampu mengumpulkan dana yang cukup signifikan, hingga dari dana pelelang tersebut akan mampu membangun tiga unit Rutilahu,” jelas Ahmad Mutawali.  

Sementara itu, Kepala Desa Nanggalamekar Hilam S.Kom menambahkan, pelaksanan pembangunan perbaikan rumah Rutilahu di wilayah Desa Nanggalamekar, hingga kini sudah mencapai 7 bangunan rutilahu milik warga. Anggaran yang diterapkan pada pembangunan Rutilahu, itu diambil dari APBDes yang bersumber dari Pendapatan Asli Desa (PADes) dan dari para donatur yang ada di lingkungan. Desa Nanggalamekar.

Namun untuk pembangunanperbaikan  Rutilahu milik Pasutri Solihin dan Juarsih, selain dari APBDes juga ditambah hasil lelang dana bantuan dari Kadinsos, Muspika, E_Warung juga dari donasi lainnya.

“ Semoga program, “Manjur Bebenah,”  terlaksana dengan lancar, hingga mampu.menuntaskan pembangunan perbaikan Rutilahu yang ada di Desa Nanggalamekar dengan jumlah sebanyak 100 Rutilahu lebih,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here