Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Seluruh masyarakat Kampung Bedahan, Cibogo dan kampung lainnya yang ada di Desa Hegarmanah Kecamatan Ciranjang Cianjur, secara serentak dan kompak bersihkan saluran air di pinggir jalan raya dan pinggir pemukiman warga. Selain itu juga melakukan penyemprotan  desinfektan di tempat umum dan rumah penduduk, Jumat (03/04)

Kegiatan tersebut dilakukan selain untuk kebersihan dan keindahan lingkungan juga sekaligus untuk pencegah penyebaran virus Corona/Covid 19, corona di lingkungan Desa Mekargalih.

Kepala Desa Mekargalih, Taryat Bibrata menjelaskan, kegiatan tersebut telah dilaksanakan sejak pekan yang lalu/ Bahkan hingga sekarang masih dilakukan warga di setiap kampung. Seperti halnya di Kampung Bedahan RW 10, Cibogo 2 RW 01, BTN Cibogo RW 02 dan kampung lainnya yang ada di Desa Mekargalih.

Taryat menegaskan, kekompakan dan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan gotong royong masih cukup tinggi. Hingga pencegahan penyebaran virus Covid-19 dapat segera dilakukan warga.

Selanjutnya Taryat mengharapkan, seluruh  Ketua RT/RW dan masyarakat, mampu mengawasi masyarakat yang baru pulang kerja dari luar kota. Jika ditemukan ada warga yang datang dari uar kota, terutama dari Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) harap segera melaporkan pada tim pencegahan Virus Covid-19 di desa atau langsung melapor pada Puskesmas Ciranjang.

Selain itu Taryat mengingatkan warganya agar mampu menahan diri untuk pepergian ke luar rumah. Kecuali yang sipatnya sangat penting sekali. “ Selain itu agar selalu menjaga pola hidup sehat dan bersih, cuci tangan setelah melakukan aktivitas dengan sabun dan air yang mengalir,” uajar Taryat.

Sementara itu, tokoh pemuda Desa Mekargalih warga Kampung Bedahan Hendar Awaludin mengatakan, kegiatan tersebut hingga kini masih terus dilakukan warga. Pasalnya, saluran irigasi yang ada di Kampung Bedahan cukup banyak dan panjang. Mungkin dalam waktu sepekan lagi pengerukan saluran irigasi tercier akan rampung seluruhnya.

Atas kegiatan gotong royong tersebut, pihaknya mengucapkan  terima kasih pada para Ketua RT dan Ketua RW beserta masyarakatnya, yang telah kompak melaksanakan gotong royong.  

Dilain pihak  Ketua RT 04/10 Kampung Cibogo 2,  Ami Nahini menanbahkan, kegiatan penyemprotan desfinsektan dan membersihkan lingkungan di wilayahnya telah selesai dilakukan dengan cara gotong royong.

“ Kami berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, virus Covid-19 tidak sampai ke wilayah Desa Mekargalih Kecamatan Ciranjang dan diharapkan seluruh masyarakat mampu mengikuti anjuran dan arahan pemerintah,” ucap Ami pada awak media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here