Sosialisasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Mangunkerta Kec. Cugenang Cianjur

Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com  – Masyarakat Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang ikuti sosialisasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di aula desa,  Jum’at (21/12) lalu.

Program tersebut disambut antusias warga. Diakui warga dengan adanya program PTSL tersebut jelas sangat membantu. Karena apa yang diketahuinya untuk membuat sertifikat kepemilikan tanah itu mahal dan prosesnya lumayan lama.

” Benar pak, untuk membuat sertifikat tanah itu mahal, apalagi kita orang awam, prosesnya bagaimana kita tidak tahu,” kata Maman diamini beberapa warga lainnya.

Menanggapi hal tersebut, salah seorang perangkat Desa Mangunkerta, Asep menuturkan, sebagai pelayan masyarakat tentu pihaknya harus bisa bersinergi dengan berbagai lapisan masyarakat. “ Khususnya masyarakat yang ada di Desa Mangunkerta ini,” tuturnya saat dihubungi melalui telepon seluler, Minggu (23/12).

Asep menjelaskan, dalam satu desa itu terdapat berbagai elemen masyarakat dengan berbagai kategori dan karakter. Artinya mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM) dan status sosialnya memiliki banyak perbedaan.

Lanjutnya, sebagai pelayan masyarakat, tentunya harus bisa mengayomi dan membantu masyarakat menuju sejahtera. Seperti halnya ketika ada program PTSL ini, harus siap membantu masyarakat menyelesaikannya.

Sementara ditemui terpisah Bhabinsa Desa Mangunkerta, Y A Rochmaya mengatakan, kegiatan yang kemarin dilakukan adalah sosialisasi program pemerintah tentang penyertifikatan tanah untuk masyarakat yang diterapkan di masing-masing desa.

Untuk wilayah Cugenang ini memang sudah ada beberapa desa yang sudah mengikuti program PTSL dan bahkan sudah hampir selesai. “Sedangkan untuk Desa Mangunkerta ini baru sosialisasi dulu, mungkin realisasinya mulai tahun 2019,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here