Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Kini masyarakat Cianjur tidak perlu lagi mengantri untuk membayar pajak kendaraannya.  Karena pihak Bapenda Jabar sudah mengadakan layanan bayar pajak online. Yakni  Samsat Mobile Jawa Barat atau yang disingkat ‘SAMBARA’.

SAMBARA ini adalah inovasi berbasis elektronik yang telah dibuat Bapenda Jawa Barat, yang fungsinya adalah untuk melakukan pembayaran dan pengecekan Pajak Kendaraan Bermotor di Wilayah Jawa Barat.

Dalam Aplikasi tersebut dapat menampilkan informasi pajak kendaraan bermotor. Baik roda dua (R2) maupun roda empat (R4) se-wilayah Jabar secara online.

Untuk pembayaran pajak bisa dilakukan di Alfamart, BJB, Indomaret, Alfamidi, Tokopedia, Bukalapak dan Kaspro. Dan untuk melakukan pengecapan bisa dilakukan dengan membawa struk pembayaran ke Samsat induk, Samsat keliling atau gerai Samsat.

Adapun cara-cara pembayaran kendaraan bermotor melalui aplikasi ‘SAMBARA’ yakni, pemohon harus mendownload aplikasi ‘SAMBARA’ di Play Store. Setelah selesai mendownload, buka aplikasi pilih menu info PKB, masukkan nomor polisi (kendaraan). Kemudian NIK e-KTP dan 5 digit terakhir nomor rangka. Setelah muncul kode bayar, pemohon bisa melakukan transaksi di bank-bank yang bekerja sama dengan pihak Bapenda Jabar.

Kelemahan dalam Aplikasi ‘SAMBARA’ ini hanya bisa mengecek informasi yang berhubungan dengan pajak. Namun tidak bisa dipakai untuk mengecek nama pemilik atau identitas pemilik lainnya.

Berikut menu-menu yang terdapat dalam aplikasi ‘SAMBARA’:

1. Mengecek pajak kendaraan bermotor dan bayar pajak. Masyarakat Jawa barat dapat melakukan pengecekan pajak kendaraan secara online menggunakan aplikasi SAMBARA. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengunduh melalui playstore. Setelah itu buka aplikasi SAMBARA dan pilih menu info PKB dan masukan plat nomor kendaraan anda. Lalu akan muncul informasi kendaraan dan pajak yang harus dibayar. Pada pojok kanan atas terdapat ikon lalu tekan. Setelah itu pilih tanda pada pojok bawah, dan anda dapat memilih pembayaran melalui SMS Banking atau Internet Banking.

2. Mengetahui jadwal Samsat keliling dan Samsat gendong. Selain dapat melakukan pengecekan kendaraan dalam aplikasi SAMBARA dapat juga mengetahui informasi tentang jadwal SAMLING (Samsat Keliling) dan SAMDONG (Samsat Gendong) di seluruh Daerah Jawa Barat.

3. Mengetahui lokasi pelayanan Samsat dan keunggulan lainnya. Yaitu dapat mengetahui lokasi pelayanan Samsat di seluruh daerah Jawa Barat. Caranya yaitu pilih fitur yang anda butuhkan setelah itu pilih kota atau kabupaten sesuai daerah anda.

Selain fitur-fitur tersebut, ada juga informasi mengenai persyaratan pendaftaran Samsat, mekanisme E-samsat dan masih banyak lagi manfaat dari aplikasi SAMBARA yang bisa anda coba.

Sementara saat ditemui awak media, untuk membuktikan keuntungan menggunakan aplikasi ‘SAMBARA’ atau bayar pajak online, Ridwan Alawi pengusaha counter Hp di kawasan Hypermart Cianjur mengatakan, awalnya merasa kesulitan untuk membayar pajak kendaraannya. Namun setelah adanya pembayaran pajak berbasis online, dirinya merasa diuntungkan.

” Dengan adanya aplikasi ini, jelas saya sangat terbantu, selain bisa menghemat waktu, pekerjaan juga lancar, kalau harus ikut-ikutan ngantri kan sayang kalau counter harus tutup dulu, tar gak kebagian rezeki,” cetusnya saat ditemui di counter Hpnya, Kamis (21/2).

Hal senada juga dikatakan Dani teman sesama counternya. Ia mengatakan, cape kalau harus ikut ngantri buat bayar pajak. Kasihan kalau ada pembeli ke counter harus nunggu lama.

 Iiya pak, menurut saya itu bagus untuk menyelesaikan masalah perpajakan kendaraan, selain mudah bisa dimana saja, kita juga bisa tetap bekerja gak harus ikut ngantri yang menyita banyak waktu,” kata Dani.

Lanjutnya, SAMBARA merupakan inovasi yang sangat bagus. Dani acungi jempol buat Dispenda Jabar. “ Namun untuk Cianjur Kota ini khususnya, masih banyak masyarakat yang belum paham cara pembayaran pajak berbasis online ini, bahkan tidak sedikit yang belum mengetahui program ‘SAMBARA’ ini, ujarnya. (Sumber Humas Dispenda Cianjur).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here