Laporan : Dani/Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Ratusan massa dari Forum Bela Warga 02 Desa Hegarmanah, Sukaluyu, Cianjur, ontrog PT. HAN YOUNG NUX ELEKTRONIK INDONESIA, Kamis (02/12). Aksi tersebut dilakukan warga sejak pukul 08.15 WIB sampai dengan pukul 11.30 WIB.

Di depan kantor PT Han Young, para pengunjukrasa diterima Waka Polres Cianjur Kompol Jaka Mulyana SIK MIK dan para PJU Polres Cianjur serta Kapolsek Sukaluyu AKP Bambang. K.

Sebelum melakukan aksi, massa terlebih dahulu berkumpul di Sekretariat Forum Bela Warga 02 Jalan Jangari Desa Hegarmanah, Sukaluyu, Cianjur. Para pengunjukrasa yang diperkirakan berjumlah 150 orang, didominasi oleh kaum perempuan.

Adapun alat peraga yang dibawanya Sound sistem, dan spanduk bertuliskan, ‘Kami warga Desa Hegarmanah menagih janji (MoU) yang telah disepakati PT.HAN YOUNG untuk segera realisasikan. Realisasikan MOU yang telah di sepakati. Keluarkan HRD Humas Sdr. Fikri, Hadirkan Mr. Sung Khiho dan masih banyak yang lainnya.

Sementara untuk tuntutan yang disampaikan pada kegiatan aksi  tersebut, masyarkat Desa Hegarmanah menuntut janji yang telah disepakati bersama dalam M0U (Memorandum Of Understanding). Kesepakatan tersebut ditandatangani pihak PT. Han Young Nux Electronic Indonesia dengan Warga (Forum Bela Warga 02). Disaksikan serta ditandatangani oleh Kepala Desa Hegarmanah dan Muspika Kec. Sukaluyu Kab. Cianjur.

Pada tuntutannya warga minta pengelolaan limbah pabrik dikelola warga. Selain itu, warga juga menuntut agar dikeluarkanya Karyawan Pabrik PT. Hanyoung Nux Electronic Indonesia. Yaitu, HRD Perusahaan, Humas dan Bapak Fikri dan warga jua meminta untuk bertemu langsung dengan Mr. Sung Ki Ho.

Rangkaian Aksi unjukrasa, jam 07.00 wib, massa berkumpul di sekretariat Forum Bela Warga RW. 02, Jalan Jangari KM 1 Kampung Cicantuhilir Desa. Hegarmanah, Sukaluyu, Cianjur, pukul 08.00 WIB massa melakukan doa bersama di Masjid Al Istiqomah, Jalan Jangari KM 1 Cicantuhilir Desa. Hegarmanah, pukul 08.15 WIB, massa aksi tiba di halaman PT. Hanyoung, dan berorasi menyampaikan aspiranya.

Selanjutnya, dilakukan mediasi dari pihak masyarakat dengan perusahaan dipimpin oleh Wakapolres Cianjur.

Korlap aksi massa Bela Warga Herman alias Ade Gambir menyampaikan, pihaknya meminta mr. Sung hadir.

“Kami meminta, mr. Sung hadir, karena kalau tidak hadir, maka tidak akan ada titik temunya. Apabila benar mr. Sung akan hadir pada hari Senin, (09/12), maka kami meminta jaminannya,” ujar Herman.

Wakapolres Cianjur Kompol Jaka Mulyana, S.I.K., M.I.K., mengatakan, ini permasalahan kehidupan sosial. Di sini ada perusahaan yang menanamkan investasi, khususnya di daerah Hegarmanah. Tentunya selaku warga, kalaupun ada suatu usulan kepada pihak perusahaan dipersilahkan. Pihak perusahaanpun jangan menutup mata, apabila ada usulan dari masyarakat. Namun tentunua harus sesuai koridor disampaikan dengan kepala dingin.

“Menyikapi hal itu, pihak perusahaan tentunya harus merespon. Kami TNI/Polri dan aparat dari pemda dan lainnya, hanya menjembatani antara perusahaan dan masyarakat. Dan Kami akan mengawal serta mengamankan, agar keduanya mendapatkan win win solution,” kata Wakapolres Cianjur.

Sementara Danramil Ciranjang Kapten Herman D mengatakan, ada solusi terbaik bagi kedua belah pihak. Diharapkan, semua pihak bisa hadir pada Senin (09/12) nanti.

“Kita tidak bisa menjamin 100% Mr. Sung bisa hadir, mungkin untuk ada kendala di perjalanan, apabila saudara-saudara ingin meminta jaminan kepada perusahaan, bukan sama kami. Kami berharap mudah-mudahan hari Senin beliau bisa hadir,” ungkapnya.

HRD perusahaan PT. Hanyoung Herlina memaparkan, mengenai kehadiran Mr.Sung, ia pun baru tahu, jika Mr. Sung akan hadir pada hari Senin nanti.

“Saya belum bisa menyampaikan, permasalahan ini kan sudah lama ya, sudah mediasi dan lainnya. Mudah-mudahan, nanti dengan menghadirkan Mr.Sung semuanya bisa terpenuhi, mungkin saudara-saudara sekalian sering keperusahaan. Nah, semua masalah kita bisa bicarakan baik-baik, dengan kepala dingin dengan rasa persaudaraan, mungkin akan terasa lebih nyaman,” paparnya. 

Mediasi dilanjutkan dengan apel konsolidasi dihalaman depan PT. Hanyoung Nux Elektronik Indonesia, yang dipimpin langsung Kabag Ops Polres Cianjur.

” Terimakasih kepada para personil, baik dari Polres, Polsek, jajaran TNI, dan yang lainnya atas pengamanan unjuk rasa, yang berjalan aman, tertib dan kondusif,” ucap Kabag Ops

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here