Laporan :Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Mancing Ikan Patin, Nila dan ikan lainnya di genangan waduk Cirata, tepatnya di kawasan Jengjen Desa Kertajaya Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, sekarang mulai ramai. Kononkatanya, banyak ikan patin dan ikan nila yang didapat para pemancing.

Hingga para pemancing yang mancing di lapak Mang Dayat Ewon (60), tiap harinya rata – rata membawa pulang Ikan Patin sebanyak 2 sampai 5 ekor. Ukuran berat ikanya, 3 sampai dengan 15 Kg per ekornya.

Pemilik lapak pemancingan di kawasan Kebon Jengjen Kertajaya, Dayat Ewon mengatakan, para pemancing yang datang ke lokasi Kebon Jengjen, sekarang itu tidak seperti biasanya. Tapi bisa dibilang menurun drastis.

Sekarang itu, para pemancing yang sering datang mayoritas warga lokal. Yakni warga Ciranjang, Bojongpicung, Haurwangi, Cianjur dan ada pula beberapa orang warga Kabupaten Bandung Barat. Mungkin penurunnya para pemancing yang datang kelokasi pemancingan itu merupakan dampak dari adanya pandemi Covid 19.

Namun, sekarang ini, banyak ikan patin, nila dan ikan mas yang menyerang umpan para pemancing. Hingga tiap harinya para pemancing beruntung membawa ikan cukup banyak. Rata – rata para pemancing membawa ikan patin 2 sampai 5 ekor ikan patin dengan bobot per ekornya 3 sampai dengan 15 Kg.

“ Hal itu terjadi, karena selain sering turun hujan. Selain itu, juga gulma eceng gondok mulai hilang terbawa arus air dan disapu angin ke tengah genangan air waduk Cirata,” ungkap Dayat pada awak media, Senin  (01/03/2021).

Sementara itu, seorang pemancing warga Kampung Dermaga Kecamatan Bojongpicung, Eman Sulaeman (48) mengatakan, baru baru ini ikan patin mulai banyak yang nyerang umpan lukut hingga bisa diangkat.

“ Sebenarnya, bukan karena ingin makan ikannya melainkan indah ketika umpanya dimakan ikan dan senang ketika terjadi tarik ulur dengan ikan, apalagi bisa ditangkap, hati itu benar – benar gembira,” ujarnya menegaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here