Pedagang Souvenir Haji memadati area Manasik Haji Massal di Gedung Assakinah Cianjur

Liputan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Puluhan hingga ratusan pedagang Souvenir Haji, memadati area manasik haji massal di gedung Assakinah jalan Muhamad Nuh BLK Cianjur, Senin, (9/7).

Berbagai souvenir haji dijajakan para pedagang. Dari mulai alas kaki (sandal) sampai tutup kepala (kopiah haji dan kerudung).

Para pedagang mengaku, diadakannya Manasik Haji ini merupakan anugerah bagi para pedagang Souvenir Haji. Meski tidak ikut hajian, paling tidak apa yang dijualnya bisa sampai kesana sebagai perlengkapan jamaah haji.

Diakui salah seorang pedagang, sekalipun tidak untung besar dari penjualan, tapi kami merasa terpanggil untuk menunaikan ibadah haji.

“Alhamdulillah kang, bertahun-tahun saya berjualan Souvenir Haji dan sampai hari ini masih berjualan, tapi mudah-mudahan dengan hasil tabungan dari jualan ini, bisa menunaikan ibadah,” ucap Solihin pedagang Souvenir Haji.

Solihin menambahkan, kalau memang lagi bernasib baik, ada calon haji yang memborong salah satu item souvenir untuk dijadikan oleh-oleh.

Hal senada juga dikatan Ratna, pedagang sejadah dan peralatan ihrom lainnya. Hampir tiap tahun ia mengikuti pelaksanaan manasik haji.  Ratna sangat mengharapkan bisa menunaikan ibadah haji.

“ Maka dengan mengikuti pelatihan jemaah haji, meskipun hanya berjualan saya sudah merasa terpanggil,” akunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here