Malang Nian Nasib Kader Posyandu Di Cianjur Berbulan – Bulan Insentifnya Tak Cair

0
99
Direktur Cianjur Riset Center (CRC) Anton Ramadhan / photo Dhani

Laporan : Bah Dhanni

Editor : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Cianjur Riset Center (CRC) menemukan adanya indikasi terkait insentif kader Posyandu di beberapa daerah, terutama di Cianjur selatan yang uang insentifnya belum dibayar 5 hingga 7 bulan.

“Ya, sampai dengan hari ini Senin 23 Mei 2022, mereka belum menerima insentif 5 sampai 7 bulan, diantaranya kader Posyandu yang ada di wilayah Kec Naringgul dan Cidaun, ” kata Anton Ramadhan Direktur CRC saat bertemu di Gedung DPRD Kab Cianjur siang.

Dia melanjutkan, uang insentif bulan November dan Desember 2021 itu belum diterima, termasuk di tahun 2022 ini pun sama. Jadi kalau dihitung sudah 7 bulanan mereka belum menerima uang insentif.

“Hal itu terjadi, kenapa sampai terjadi keterlambatan pencairan uang insentif para kader Posyandu, karena ada kebijakan dari dinas untuk tahun 2022 ini pencairan disalurkan dari manual berubah ke rekening, ” ungkapnya.

Nah, yang lucunya sambung Anton, setelah dibuatkan rekening itu ada keharusan pembuatan surat kuasa kepada korcam di masing – masing kecamatan untuk pengambilan uang insentif tersebut.

“Jadi yang akan mengambil uang insentif itu harus menguasakan kepada korcam masing – masing untuk pengambilannya, ” sambung Anton.

Disinggung apakah ada pemotongan uang insentif oleh para korcam, Anton menjawab, berdasarkan informasi yang diterimanya memang ada pemotongan sebesar Rp 10 ribu dengan alasan untuk mengganti ongkos atau materai.

“Ya, sebetulnya kita sangat mengapresiasi sekali adanya penyaluran insentif melalui rekening, tapi kenapa harus ada pembuatan surat kuasa kepada korcam untuk pengambilannya, belum lagi adanya potongan sebesar Rp 10 ribu, ” ujarnya.

Terakhir Anton menyampaikan, untuk insentif kader Posyandu itu kan cuma Rp 100 ribu ya perbulan. Cuma jika dikali 1479 kader dan kalau diuangkan hampir mencapai Rp 1.4 miliar pemerintah harus mengeluarkan insentif perbulan.

“Jadi kalau di 1479 dikali Rp 10 ribu, berapa keuntungan masing – masing Korcam, ” tutupnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here