Para Mahasiswa UPI yang sedang melakukan KKN Di Desa Cibeureum menggagas berdirinya Rumah Baca Ceria

Liputan : Yatiman

Bandung, metropuncaknews.com – Pembentukan dan peresmian Rumah Baca Ceria, menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat. Selain untuk mengembangkan diri juga meningkatkan minat baca bagi masyarakat di Kampung Cihalimun RT 03/19 Desa Cibereum Kec Kertasari Kab Bandung, Kamis (9/8).

Karena melalui membaca dapat mengenali dunia. Sedangkan rajin menulis bisa dikenal dunia. Kalimat tersebut menginspirasi pendirian Rumah Baca Ceria yang digagas oleh para mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung untuk mengembangkan wawasan dan menambah ilmu pengetahuan

Para mahasiswa UPI tersebut sedang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) yang pelaksanaannya disinergikan dengan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD ke-102/2018 di Desa Cibeureum.

Sementara pelaksanaan  TMMD sudah ditutup pada Rabu (8/8) oleh Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurcahyanto didampingi Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, Danrem 062/Tarumanagara Garut Kolonel  Inf Tatan Ardyanto, Dandim 0609/Kabupaten Bandung Letkol Arh A. Andre Wira Kurniawan, dan Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan serta pihak lainnya.

Pendirian Rumah Baca Ceria itu, dibuat setelah sebelumnya ada diantara mahasiswa UPI yang mengungkapkan harapannya. ” Pak tentara, mahasiswa UPI bade ngiring TMMD (Pak tentara, mahasiswa mau ikut TMMD-Red),” kata salah seorang warga dengan logat Sundanya yang kental. Sementara mahasiswa UPI  lainnya mengatakan, Pak tentara saya mahasiswa UPI  mau gabung TMMD, boleh tidak ? “ Kami mau buat Rumah Baca Ceria untuk tingkatkan literasi anak usia dini,” jelasnya.

Atas dasar itulah, Rumah Baca Ceria didirikan di Desa Cibeureum untuk meningkatkan minat baca masyarakat setempat. Setelah terbentuk, Satgas TMMD ke-102/2018 bersama mahasiswa UPI sebagai penggagas Rumah Baca Ceria meresmikan Rumah Baca Ceria tersebut.

Peresmian rumah baca tersebut dihadiri Sekdes Cibeureum, Babinsa, Anggota Posko Satgas TMMD, Ketua DKM, Kepala Dusun, 2 orang tokoh masyarakat, 15 orang warga, dan 24 orang Mahasiswa/i KKN UPI.

Pada kesempatan itu turut dilaksanakan penyerahan piagam Rumah Baca Ceria dan buku oleh Anggota Posko Satgas TMMD serta Mahasiswa KKN UPI kepada Ketua DKM.

Diharapkan, dengan diresmikannya Rumah Baca Ceria ini, minat baca anak-anak dan warga sekitar semakin meningkat. Sehingga dapat menambah wawasan, ilmu agama, ilmu pengetahuan dan lain-lain

Selain itu, diharapkan pula para generasi muda kelak dikenal dunia dan mampu menorehkan prestasi yang membanggakan bagi Desa Cibeureum di masa mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here