UMJ Bidang studi kedokteran selenggarakan bakti sosil di Desa Sukamanah Kec. Cugenang Cianjur

Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Mahasiswa Universitas Muhammadiah Jakarta (UMJ) program studi kedokteran, mengadakan kegiatan Bakti Sosial, berupa pengobatan kesehatan gratis bagi masyarakat. Kegiatan tersebut diselenggarakan  di aula Desa Sukamanah Kecamatan Cugenang Cianjur, Sabtu (21/4).

Ada pun tema yang diusung pada kegiatan tersebut, merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat. Yaitu, bakti sosial mahasiswa program studi kedokteran, alumni fakultas kedokteran dan kesehatan Universitas Muhammadiah Jakarta. Tujuannya, untuk mencegah hipertensi dilingkungan keluarga.

Dalam pelaksanaannya, mahasiswa UMJ program studi kedokteran dan alumni menargetkan 400 pasien bisa terlayani. Setiap harinya sejumlah 200 pasien, untuk semua usia, perempuan dan laki-laki termasuk balita.

Selain itu. diselenggarakan pula acara senam pagi bersama masyarakat. Seyelah itu, dilanjutkan dengan penyuluhan hipertensi,  basic life support, pertolongan pertama, pengobatan gratis dan sunatan masal.

Ditemui disela kegiatan, koordinator acara dari UMJ, Rial mengatakan, agenda yang dilaksanakannya itu merupakan agenda rutin setiap tahun.  Dalam pelaksanaannya, mahasiswa UMJ  memberikan penyuluhan tentang penyakit pada masyarakat. “Terutama pada generasi muda, yang terkadang suka resah dan membuat resah,” jelasnya.

Menurut dia, pihaknya juga membawa dokter spesialis. Hingga jika ditemukan adan penyakit kronis, maka akan dirujuk ke Rumah Sakit (RS) terdekat. “ Selain itu kami juga melayani sirkumsisi pada balita jika ada orang tua yang berminat,” pungkasnya.

Di tempat yang berbeda, Eka dari Puskesmas Cijedil menuturkan,  dengan adanya pengobatan dan sunatan masal ini, pihaknya merasa sangat terbantu dalam pelayanan kesehatan masyarakat. “ Dan masyarakat pun terlihat sangat antusias mengikutinya,” tutur Eka.

Bagaimana tidak, untuk melayani 400 pasien bisa ditangani selama dua hari. Sehingga pihak Puskesmas Cijedil merasa sangat terbantu.

Dipenghujung acara hari pertama bakti sosial,  Kepala Desa Sukamanah Enang Saepudin menyampaikan, rasa terima kasihnya pada mahasiswa UMJ, masyarakat dan semua pihak yang dilibatkan atas terlaksananya kegiatan ini. “ Mudah-mudahan tidak hanya saat ini saja bisa dilaksanakan tetapi bisa menjadi agenda rutin,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, kegiatan tersebut murni dari mahasiswa UMJ dalam mengabdikan diri kepada masyarakat. Karena itu sudah menjadi agenda rutinnya setiap tahun. “ Dan saya tegaskan ini bukan kampanye,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here