Liputan : Yatiman

Bandung. metropuncaknws.com – Mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta dan Unversitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung melaksanakan KKN di bantaran sungai bersama Satgas Citarum. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Dayeuhkolot, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Selasa (3/7)

Menurut keterangan, KKN ini akan dilaksanakan selama 45 hari dan setiap 45 hari berikutnya peserta KKN akan diganti dengan mahasiswa yang baru. Kegiatan ini sudah berjalan beberapa hari yang lalu meliputi 14 Fakultas dari UGM terdiri dari Fakultas Kedokteran, Ekonomi, Tehnik,  Matematika, Sosial, Kimia , Pertanian, Fisika Nuklir dan beberapa fakultas Lainnya.

Koordinator KKN PPM Unit Dayeuhkolot, Ragil mengatakan, kegiatan KKN di wilayah ini diutamakan gerakan Revitalisasi Sungai Citarum. “ Ada pun kegiatan yang telah kami lakukan adalah sosialisasi dan penyuluhan terhadap masyarakat mengenai kebersihan serta penanganan sampah,” jelas Ragil.

Selain kegiatan tersebut, kegiatan lainnya yang telah dilakukan adalah  pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan darah, HIV, IPA testimoni/kanker service dan tumor terhadap ibu-ibu serta pemeriksaan ibu hamil.

Dansektor 7 Satgas Citarum Harum Kolonel Kav Purwadi mengatakan, kegiatan ini sudah beberapa hari berjalan. Diharapkan mahasiswa peserta KKN dari UGM maupun UPI akan dapat menjalankan kegiatannya dengan baik.

“ Semakin banyak yang masuk dan berbuat untuk mendukung program Citarum Harum, semakin cepat sungai ini kembali dapat segera dimanfaatkan sebagai sumber kehidupan bagi masyarakat, selain itu akan meringankan tugas Satgas,“ kata Purwadi.

Di tempat yang berbeda, Dansektor 6 Kolonel Inf Yudi Zanibar, S.I.P serta Dansektor 8 Citarum Harum Kolonel CZI Aby Ismawan  menerima kunjungan mahasiswa  UPI untuk melaksanakan KKN di wilayah Citarum. Kegiatannya tidak jauh berbeda dengan mahasiswa yang lain dengan tambahan melaksanakan pembersihan di daerah aliran sungai (DAS) Citarum disektor masing – masing dimana mereka berada.

Kegiatan KKN di wilayah Citarum ini merupakan perwujudan dari hasil kesepakatan pada pertemuan Pangdam III/Siliwangi dengan Rektor dan Mahasiswa serta penggiat lingkungan. yang dilaksanakan beberapa bulan lalu. Hal itu dilakukan untuk menjadikan Citarum sebagai tempat KKN dan sekaligus untuk mengaplikasikan ilmu yang didapatnya  langsung dilapangan. (Sumber: Pendam III/Siliwangi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here