Mahasiswi Poltekes Bandung jurusan Kebidanan yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Cihea.

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Ratusan warga warga Desa Cihea, Kecamatan Haurwangi, Cianjur lakukan donor darah, Kamis (19/04). Khusus bagi ibu hamil, periksa golongan darah. Kegiatan bakti sosial donor darah tersebut, digelar para mahasiswi Poltekes Bandung jurusan Kebidanan yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Haurwangi.

Koordinator KKN Mahasiswa Poltekes Bandung,  Miami (23) mengarakan, ia berada di Desa Cihea Kecamatan Haurwangi sedang melaksanakan KKN. Kegiatannya selama  5 pekan dengan jumlah peserta sebanyak 27 orang.

Setelah melaksanakan rangkaian program KKN lainnya, pada pekan ke 5 melaksanakan kegiatan bakti sosial. Yaitu donor darah, pemeriksan golongan darah pada ibu hamil dan pemeriksaan kesehatan lainnya pada seluruh warga Desa Cihea

“ Kegiatan itu digelar, selain untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, juga untuk meningkatkan rasa solidaritas pada sesama manusia dan sekaligus mengetahui golongan darah masing-masing warga Desa Cihea,” tutur Miami.

Para mahasiswi Poltekes Bandung jurusan Kebidanan saat melakukan kegiatan bakti sosial donor darah di Desa Cihea

Menurut dia, kegiatan bakti sosial itu diikuti 60 orang dan mampu menghasilkan darah sebanyak 40 labu.  Pemeriksaan golongan darah pada 40 orang ibu hamil warga Desa Cihea dan warga desa lainnya yang ada di Kecamatan Haurwangi.

Miami mengatakan, pihaknya merasa bersyukur dan mengucap terima kasih pada Camat Haurwngi, Kepala Desa, BPD, PKK, Karang Taruna dan seluruh elemen masyarakat Desa Cihea. Khususnya pada  yang telah ikut membantu terselenggaranya KKN dan pelaksanaan bakti sosial donor darah, pemeriksaan golongan darah dan pemeriksaa kesehatan lainnya.

” Apa artinya kami kalau tanpa adanya  dukungan dari berbagai pihak, khususnya Pemerintahan Desa Cihea beserta seleuruh masyarakatnya,” ucap Miami, pada awak media.

Sementata itu, Kepala Desa Cihea, Supriatna (63) menambahkan, dengan adanya para mahasiswa Poltekes Bandung Jurusan Kebidanan yang ikut KKN selama 5 pekan, pihaknya menyambut baik. Terlebih dengan digelarnya bakti sosial donor darah, pemeriksaan golongan darah dan pemeriksaan kehetanblainnya, pihaknya merasa bersyukur. Karena dengan kehadiran para mahasiswa tersebut, wawasan dan pengetahuan warga Desa Cihea bertambah khususnya mengenai kesehatan.

Selain itu, banyak pula menimba ilmu yang lainnya.  Seperti manfaat sosial berbagai kepedulian terhadap sesama manusia dan utamanya mengenai hidup sehat.

Maka dengan adanya KKN mahasiswa Poltekes Bandung Jurusan Kebidanan, diharapkan mampu mendongkrak derajat kesehatan warga Desa Cihea. Warga pun semakin sadar akan arti kesehatan dan kebersihan lingkungan.

“ Kami berharap, pada dosen pembimbing,  layak kiranya memberikan nilai yang optimal pada para mahasiswi yang melaksanakan KKN di Deaa Cihea,” kata Supriatna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here