Laporan Iriyanto

Cianjur metropuncaknews.com – Guna menekan penyebaran Covid-19 terus dilakukan berbagai pihak. Salah satu alternatif pencegahan yang dapat dilakukan yaitu menggunakan masker, rajin cuci tangan dan menjaga jarak.

Pada kondisi pandemi seperti ini hidup bersih seperti mencuci tangan dengan sabun menjadi komponen penting dalam pencegahan Covid-19. Tetapi dalam kondisi darurat, hand sanitizer dapat dijadikan alternatif untuk membersihkan tangan tanpa air dan sabun.

Sebagai langkah untuk membantu masyarakat di Kp.Ciwalen Pasar RT 02/01 Desa Ciwalen Kecamatan Sukaresmi Kababupaten Cianjur, dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) IPB University melaksanakan kegiatan Go Hygiene bekerjasama dengan Ibu PKK Desa Ciwalen.

Kegiatan Go Hygiene terdiri atas dua kegiatan utama yang diawali dengan sosialisasi mengenai Covid-19 dan sosialisasi mengenai pembuatan hand sanitizer. Setelah kegiatan sosialisasi, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan hand sanitizer yang dipandu oleh mahasiswa KKN-T IPB. 

Jumlah hand sanitizer yang dibuat sebanyak 3 liter yang dikemas dalam botol 30 ml. Han dsanitizer yang telah dibuat kemudian di bagikan pada masyarakat Kp.Ciwalen Pasar.

Ketua Kelompok KKN, Ramdani  mengatakan, pembuatan handsanitiser yang dilakukan di Kp. Ciwalen Pasar ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang virus corona. Sekaligus upaya pencegahan terhadap penyebaran virus corona dan memutus mata rantai penyebarannya dengan kesadaran untuk menerapkan budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

” Masyarakat Desa Ciwalen sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini karena handsanitiser yang kita buat bisa mencegah dan memutus mata rantai virus Covid 19, maka dengan kesadaran untuk menerapkan budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, dan bisa memberikan pengertian pada masyarakat tentang virus corona. Hal ini menjadikan masyarakat lebih berhati-hati dan mulai belajar hidup bersih dan sehat,” pungkanya.

Salah seorang kader PKK Desa Ciwalen Lela sangat mendukung program Go Hygiene. Lela menilai, program ini sangat bermanfaat. Karena itu, pihaknya mengucapkan terima kasih pada mahasiswa IPB yang telah meberikan ilmu pengetahuan baru mengenai pandemi Covid-19. “ Juga pembuatan hand sanitizer rumahan yang murah dan mudah dilakukan,” Ucap Lela.

Selanjutnya Lela mengatakan, ibu-ibu PKK akan meneruskan ilmu yang diperoleh dari mahasiswa IPB. Selanjutnya akan disosialisasikan pada masyarakat Desa Ciwalen dan melanjutkan program pembuatan hand sanitizer.

Lela berharap, dari program Go Hygiene ini, masyarakat Desa Ciwalen menjadi semakin waspada terhadap Covid-19. “ Selain itu juga masyarakat dapat ikut berperan aktif dalam mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di Desa Ciwalen,” tutur Lela.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here