LOmba tarik ban pesawat Hercules merupakan perlombaan yang paling mendapat perhatian

Liputan : Djaka Kumara

Malang, metropuncaknews.com – Kemeriahan perayaan peringatan HUT Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia juga dirasakan personel Lanud Abdulrachman Saleh Malang dan keluarga. Pada Minggu pagi (12/08), di lapangan Dirgantara Lanud Abd Saleh, digelar berbagai perlombaan ceria.

Namun dari sejumlah perlombaan itu ada satu lomba tahunan yang menarik semangat dan minat prajurit TNI AU. Yakni lomba dorong ban pesawat angkut C-130 Hercules.

Sejak pagi para personel Lanud Abdulrachman Saleh sudah berkumpul di lapangan Dirgantara. Mereka menanti agenda tahunan untuk mengikuti perlombaan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia tersebut.

Kepada awak media ketua panitia Letkol Kal Muhammad Imdad mengatakan, kegiatan ini dengan menggelar berbagai lomba tradisional. Seperti Balap Karung, Balap Bakiak, tarik tambang, balap karung, Balap Bola, lari bakiak raksasa, giring bola dengan terong, makan jeruk dengan sarung saling terkait, meindahkan belut ke dalam botol, makan kerupuk, dan lain lain.

” Seperti tahun-tahun sebelumnya, lomba ini dipertandingkan  antar satuan di lingkungan Lanud Abd Saleh. Tapi dari semua agenda yang digelar, lomba paling menarik adalah dorong ban pesawat angkut militer jenis C-130 Hercules,” papar Imdad.

Peraturan lombanya pun sangat sederhana. Satu tim terdiri dari 5 orang personel TNI AU, diwajibkan mendorong sebuah ban pesawat hercules seberat 200 kilogram di sebuah lintasan lurus sepanjang 50 meter. Dalam setiap babak, empat hingga lima tim berlomba mencetak catatan waktu tercepat.

“ Lomba ini membutuhkan tenaga ekstra, karena pemenang ditentukan siapa yang paling cepat menyeret ban ke garis finish,” ungkapnya.

Imdad juga menjelaskan, selain untuk memperingati hari kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia, perlombaan ini juga dilakukan demi memupuk kebersamaan antara personel lintas dinas dan Insub di lingkungan lanud Abdulrachman Saleh Malang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here