Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Lembaga Kesejahtraan Sosial (LKS) Yayasan Rumah Pulih Jiwa  (YRPJ) di Kampung Pasir Gudang RT 01 /07, Desa Cibiuk Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, gelar Advokasi Kesehatan Jawa masyarakat  yang bertempat di ruang depan LKS YRPJ, Kamis (9/6/2021).

Kegiatan tersebut, dihadiri Kementerian Sosial yang diwakili Balai Phala Martha Sukabumi, Rumah Sakit Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor, Dinsos, Dinkes, Disdukcapil Cianjur, Camat, Puskesmas Ciranjang, Kepala Desa Cibiuk, pengurus Yayasan Rumah Melenial Peduli Kecamatan Haurwangi, TKSK dan tokoh masyarakat setempat.

Ketua Yayasan Rumah Pulih Jiwa Cianjur, Rukman Samsudin (44) menjelaskan, digelarnya Advokasi Kesehatan Jiwa masyarakt, tiada lain untuk menyamakan persepsi antara pihak pemerintah dengan berbagai LKS dan Yayasan Sosial pemulihan para ODGJ.

Karena penanganan ODGJ tersebut, harus adanya sinergitas anatara pihak LKS, yayasan dengan pihak pemerintahan, dinas instansi terkait dan pihak lembaga lainnya. Untuk memudahkan pemulihan  para ODGJ yang ada di Kabupaten Cianjur.

Seperti halnya, mudah mendapatkan obat dari dinas dan lembaga terkait. Perlunya tenaga ahli  ketika mengevakuasi ODGJ. Harus adanya sandang, pangan dan papan untuk memulihkan ODGJ. Perlu adanya pendataan supaya para ODGJ memiliki No. NIK, supaya mendapatkan hak yang sama. “ Hingga kedepannya Cianjur akan bebas ODGJ dan bebas pasung,” ucap Rukman.

Sementara itu, perwakilan dari Kemensos RI Balai Phala Martha Sukabumi Kusman (50) menambahkan, pihaknya mengapresiasi pada LKS YRPJ Cianjur. Karena sudah menjadi mitra kerja Balai terkait dengan pola penanganan ODGJ di dalam Panti Sosial. Sekaligus mensosialisasikan program layanan atensi yang dilaksanakan oleh Balai di tahun 2021.

” Phala Martha dalam penanganan ODGJ mempunyai peran memberikan layanan rehabilitasi sosial pasca medis melalui tiga pendekatan keluarga, komunitas dan residensial”, ujar Kusman.

Ia meneruskan, pihaknya mengucapkan terima kasih pada dinas dan  lembaga terkait yang telah hadir,  telah berkomitmen yang cukup luar biasa perhatiannya dalam penanganan ODGJ.

” Sinergitas dalam penanganan ODGJ dari semua pihak yang hadir sekarang  untuk mengatasi permasalahan ODGJ di Kabupaten Cianjur, sangat kami apresiasi, ” imbuhnya.

Dilain pihak Camat Ciranjang, Teguh Wibowo mengatakan, dilaksankannya Advokasi Kesehatan Jawa masyarakat yang digagas LKS YRPJ Ciranjang, pihaknya memberikan apresiasi. Karena penanganan pemulihan ODGJ secara kebersamaan sangatlah penting.

“ Dengan itu, semoga para ODGJ yang nota bene tidak memiliki kartu identisas yang tidak dimasukan pihak keluarganya, maka kedepannya akan memilikinya, seperti memiliki No. Nik, maka bila tidak memiliki No. NIK tidak akan tercatat dalam daftar kependudukan dan sulit untuk mendapatkan pasilitas bantuan sosial dari pemerintah,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here