Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Pertahanan sipil (Hansip) yang sekarang disebut Perlindungi Masyarakat (Linmas) memiliki peranan penting ditengah masyarakat. Karena selain untuk ikut andil dalam mengamankan lingkungan, juga kerap kali ditugaskan untuk mengamankan ketika masyarakat sedang melaksanakan hajatan.

Namun biarpun dianggap penting untuk menjaga keamanan lingkungan, juga tidak sedikit Linmas dianggap sepele. Kurang diperhatikan berbagai pihak. Utamanya ketika melaksankan tugas sehari  penuh tanpa mengenal lelah. Pakaian seragam komplit dengan atribut, topi dan sepatu cekonya itu, seakan tidak berpengaruh apalagi seragamnya sudah kusam.

Kepala Linmas Desa Cihea Deni Hendra Permana (42)  mengatakan, pihaknya memiliki anggota Linmas Desa sebanyak 7 orang anggota. Linmas RW 10 orang anggota dan Linmas RT sebanyak 30 orang anggota.

Linmas Desa bertugas di desa mulai dari piket malam, hingga membantu menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan desa.  Tiap bulannya mendapat insentif senilai Rp.150 ribu perorangnya dan seragam ditanggung pihak desa setempat yang diambil dari APBDes.

Sedangkan Linmas RW dan Linmas RT itu bertugas membantu keamanan dan ketertiban di lingkungan ke RT an. Jadi Ketua regu ronda malam di setiap lingkungan masing-masing. Sekaligus  berperan menjaga keamanan ketika warga sedang melaksanakan hajatan. Itu pun bila diminta pihak yang punya hajatan.

“ Namun untuk insentif Linmas RT/RW belum memiliki insentif bulanan, artinya bekerja hanya dengan cara  sukarela. Karena itu diharapkan kedepannya memiliki insentif bulanan dan semoga Linmas mampu bekerja dengan baik dan benar membantu keamanan lingkungan,” ucap Deni, Senin  (19/4/2021).

Selain itu lanjut Deni, Selasa (20/4/2021) pihaknya bersama 30 orang anggota  Linmas lainnya akan mengikuti pelatihan Linmas yang diselenggarakan Satpol PP Provinsi Jawa Barat yang lokasinya di Aula Desa Sukatani, Kecamatan Haurwangi.

“ Sehubungan dengan hal trsebut, kami mengucapkan Dirgahayu Linmas Indonesia, semoga linmas di setiap desa bisa bekerja dengan maksimal sehingga keamanan dan ketertibannya  lebih meningkat,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here