Laporan: Sam/Iriyanto

Cianjur, metropuncaknews.com – Jajaran pengurus Lembaga Kebudayaan. Cianjur (LKC) Kabupaten Cianjur, selenggarakan acara santunan. Acara tersebut diberi nama Jumat berbagi. Tentu saja jumat Berbagai tersebut, dilaksanakan pada setiap hari Jumat disetiap Mesjid Jami yang dikunjunginya.

Ada pun komoditi yang dibagikan pada yang berhak menerinya, yaitu berbentuk paket sembako dan uang alakadarnya. Untuk itu LKC setiap pekannya menyediakan paket sembako sebanyak 20 paket sembako.

Ketua LKC Kecamatan Ciranjang Abah Ruskawan menerangkan, kegiatan berbagi terhadap anak yatim dan warga yang ekonominya kurang beruntung itu dianjurkan oleh agama  dan juga diharuskan oleh UUD 45.

Karena itu, jajaran pengurus LKC membuat program berbagi setiap hari Jumat.  Sedikit harta yang dibagikan pada yatim, duafa dan jompo, itu berupa paket sembako dan uang alakadarnya.

Karena rijkinya masih terbatas maka pihaknya baru mampu berbagi pada 20 orang Yatim, dhuafa dan Jompo. Program berbagai tersebut dilakukan tidak disatu tempat saja. Tapi dilakukan di setiap mesjid sesuai dengan program yang telah ditentukan.

“ Untuk sementara Jumat berbagi masih dilakukan di Mesjid Jami yang ada di lingkungan kota Cianjur. Mungkin bulan depan akan merambah ke mesjid jami yang ada di pedesaan yang ada di setiap kecamatan Kabupaten Cianjur,” jelas Abah Ruskawan.

Tokoh masyarakat Kecamatan Bojongpicung, Eden Romansah mengatakan, Program Jumat Berbagi yang dilaksankan LKC, pihaknya menyambut antusias. Karena pihaknya pernah mengikuti jajaran LKC membagikan sembako pada warga yang membutuhkannya di salah satu Mesjid Jami di Kecamatan Cianjur.

“ Kegiatan berbagi seperti itu, perlu ditiru karena selain akan membantu menringankan beban hidup mereka juga merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang beriman,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here