LBH Bravo Komando jadi kuasa Hukum warga Cibaregbeg

Laporan: Dhani/Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Didampingi kuasa hukumnya warga Kampung Cikole RT 02/ 01, Desa Cibaregbeg, Kecamatan Cibeber Cianjur, menggelar audensi dengan pihak perusahaan pertambangan PT Taubah Batu Abadi (TBA). Audensi tersebut digelar di aula DesaCibaregbeg, Senin (8/4) kemarin.

Dalam audien tersebut, warga meminta agar 10 tuntutan yang diajukan warga direalisasikan oleh pihak perusahaan.

Ketua Forum Warga Cikole (FWC) Desa Cibaregbeg, Ceceng mengatakan, hasil audensi mudah-mudahan dapat direalisasikan. Terlebih dengan adanya kuasa hukum dari LBH Bravo Komando. Pasalnya, manajemen perusahaan sebelumnya itu tidak benar. Artinya tidak ada kontribusi pada warga sesuai perjanjian sebelumnya.

” Audensi berjalan aman dan lancar, dan akan memperjuangkan aspirasi warga ada sekitar 10 tuntutan atau aspirasi. Karena sebelumnya ngambang dan tidak jelas,” katanya.

Ada pun 10 tuntutan warga, yaitu mempublikasikan izin tambang resmi dari Pemprov Jabar. Menyelesaikan sejumlah sengketa tanah yang terambil oleh aktivitas tambang. Pembuatan saluran air di setiap ruas jalan di empat RT. Peningkat kualitas jalan dengan membuat  jalan beton dari anggaran desa yang semula jalan berkekuatan menampun beban 2,5 ton menjadi delapan ton.

Kemudian warga dibolehkan membeli pasir setengah harga untuk pembangunan. Pembuatan sarana lampu penerangan jalan di sepanjang jalan di empat RT. Pihak perusahaan harus ikut berkontribusi dalam pembangunan sarana umum. Perusahaan harus ikut berpartisipasi pada kegiatan-kegiatan umum. Bisa memprioritaskan pekerja dari warga sekitar dan terakhir berkontribusi pada kas umum.

Rizal memaparkan, warga Cikole mempercayakan 10 aspirasi itu melalui tim dari Bravo Komando sebagai mediator dengan pihak PT TBA. Semoga secepatnya bisa mendapat kabar baik. Sekaligus mencari solusi terbaik agar tak ada salah satu pihak yang dirugikan.

” Ya, baik untuk warga maupun PT TBA. Kami akan menunggu kabar selanjutnya dari kuasa hukum kami. Bila belum tercapai mufakat dengan pihak perusahaan, maka warga Cikole akan terus memperjuangkan hak,” bebernya.

Ditemui terpisah Selasa (9/4) pagi, salah satu kuasa hukum dari LBH Bravo Komando Cianjur, Soliamin Harahap alias Choky menjelaskan, pihaknya akan memperjuangkan tuntutan atau aspirasi warga tersebut.

” Sekarang sudah diserahkan sepenuhnya kepada kami, maka itu 10 tuntutan warga akan disampaikan kepada pimpinan atau pemilik perusahaan PT TBA. Memang seharusnya ada kontribusi kepada lingkungan dan warga sekitar,” katanya dalam obrolan kopi pagi di LBH Bravo Komando.

Choky menambahkan, pihaknya akan menampung dan memperjuangkan apa yang jadi aspirasi warga. “ Semoga saja perusahaan bisa memenuhi semua itu. Sehingga bisa sinergis antara kedua belah pihak dan bisa lancar sesuai harapan semua,” paparnya.

LBH Bravo Komando menyampaikan, saat audensi berlangsung hanya bisa menjembatani komunikasi yang sangat efektif. Konteknya pihak perusahaan harus bisa memenuhi apa yang diaspirasikan warga setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here