Laporan : H. Rudi Salam

Cianjur, metropuncaknews.com – Suasana Puskesmas Cilaku Kabupaten Cianjur, pada Senin (29/06) berbeda dengan hari-hari biasa. Halaman Puskesmas Cilaku mendadak dipenuhi ibu-ibu yang mengatri untuk mendapatkan pelayanan KB secara gratis.

Pasalnya, hari itu Puskesmas Cilaku yang dinahkodai  Yudiansyah Sutawijaya, SKM menggelar acar peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 27 dan HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 69. Kegiatan tersebut diisi dengan kegiatan bhakti sosial. Yakni berupa pelayanan KB secara gratis.

Pada acara tersebut nampak hadir, Ketua PKK Kabupaten Cianjur,  Kadis DPPKKBP3A Kabupaten Cianjur, Camat Cilaku, Danposmil Cilaku dan jajaran, serta jajaran polsek Cilaku.  

Kepala Puskesmas Cilaku, Yudiansyah Sutawijaya, SKM, saat dihubungi awak media disela-sela kegiatan mengatakan, sekalipun sektor induk program ini berada di BKKBN, tapi pelaksanaanya di lintas sektor terkait.

Jadi, lanjut Yudi, program ada di BKKBN pelaksanaan ada sektor terkait. Terutama di tenaga kesehatan yang dalam pelayanan kesehatan di kedepankan.

Lebih lanjut Yudi mengatakan, untuk bhakti sosial khususnya pelayanan KB ini tentunya juga melibatkan semua pihak.  Sehingga program pemerintah ini berjalan dengan baik dan sukses. 

“ Alhadulillah sampai hari ini pelayanan IUD 23 orang, Inplant 89, Suntik 554, Pil 307, Kondom 7, jadi total sudah 980,”  jelas Yudi. 

Pada kesempatan itu, Kepala Balai, Enang Juanda menambahkan, ini ada 3 momen penting yang diperingati Puskesmas Cilaku. Yaitu,  HARGANAS, Bakti IBI dan TNI manunggal.

“ Kegiatan ini juga dilaksanakan serentak di Kabupaten Cianjur. Untuk wilayah Kecamatan Cilaku di pusatkan di Puskesmas Cilaku,” ujarnya menegaskan.

Sementara itu Danposmil Cilaku, Peltu. Wawan.S, mengatakan, TNI khusus selalu mendukung program pemerintah seperti halnya KB ini. “ Selain ikut dalam sosialisasi berkenaan program ini, tentunya dalam pelaksanaannya pun kami akan selalu ada. Alhamdulillah program pemerintah ini bisa berjalan dengan baik dan sukses,” kata Wawan pada awak media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here