Prajurit anggota Lanud Adisutjipto tampak sedang beristirahat seusai mengikuti latihan

Liputan : Djaka Kumara

Yogyakarta, metropuncaknews.com – Kepala Dinas Operasi Lanud Adisutjipto Kolonel Pnb Andi Wijanarko memimpin upacara pembukaan Latihan Pertahanan Pangkalan Lanud Adisutjipto. Upacara tersebut digelar di lapangan area DAAU Disops  Lanud Adisutjipto. Upacara itu diikuti satu kompi prajurit anggota Lanud Adisutjipto, Kamis (28/6).

Latihan Pertahanan Pangkalan akan dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 28 sampai dengan 29 Juni 2018 di Lanud Adisutjipto dan Lapangan Gading, Playen, Gunung Kidul.

Kepada wartawan Kepala Dinas Operasi mengatakan, latihan ini bertujuan untuk memberi pengetahuan, memantapkan ketrampilan anggota Lanud Adisutjipto. Khususnya dalam memelihara dan meningkatkan skill dalam upaya cegah dini dan tanggap situasi dalam mendukung pengamanan wilayah Pangkalan TNI AU Adisutjipto terutama dalam pengamanan obyek-obyek vital.

Sementara Kasi Kamhanlan Lanud Adisutjipto Mayor Pas Indra Peri Lubis, Spd, disela sela acara mengatakan, dalam latihan Hanlan ini akan dilaksanakan beberapa materi. Yaitu pengecekan Pasukan dan perlengkapan. Teori dan praktek bongkar pasang senjata. Teori dan praktek Penggunaan Kompas,  Teori Taktik Regu, Pleton dan Kompi.  Drill Pertempuran regu, Pleton dan Kompi.

” Selain itu, untuk latihan yang akan dilaksanakan di Lapangan Gading akan dilaksanakan patroli menuju Lapangan Terbang Gading, Pengintaian sasaran dan hari kedua Jumat (29/6) akan dilaksanakan Perebutan Pangkalan di Lapangan Gading,” papar Kasi Kamhanlan.

Latihan pertahanan pangkalan ini diselenggarakan rutin setiap tahun dan melibatkan beberapa unsur. Diantaranya Dislog, POMAU, PSD, Pentak, Intelpam, Paskhas dan Kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here