Lanud Abd Saleh mengundang para penyandang disabilitas

Laporan : Djaka Kumara

Malang, metropuncaknews.com – Tanggal 3 Desember menjadi momentum penting bagi para penyandang disabilitas. Karena hari itu diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional.

Sebagai wujud kepedulian terhadap penyandang disabilitas, Lanud Abd Saleh mengundang penyandang cacat sebanyak 250 orang. Mereka adalah siswa tingkat SD, dan SMP dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kedungkandang Malang Raya, Senin, (3/12).

Mereka berkumpul di Monumen pesawat Bhakti Dirgantara Lanud Abd Saleh. Para Disabilitas tersebut meliputi Tuna rungu, tuna netra, tuna graheta , tuna daksa, dan tuna autis.

Kepada awak media Danlanud Abd Saleh Marsma TNI Andi Wijaya, S, Sos, mengatakankan, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan masyarakat akan persoalan-persoalan yang terjadi berkaitan dengan kehidupan para penyandang cacat.

Selain itu, lanjut Danlanud, moment ini juga memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraan para penyandang cacat.

” Penyandang disabilitas, baik sebagai penerima manfaat maupun agen perubahan, dapat mempercepat proses menuju pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan serta mempromosikan masyarakat yang tangguh untuk semua, termasuk dalam konteks pengurangan risiko bencana dan aksi kemanusiaan, serta pembangunan perkotaan,” papar Danlanud.

Sementara Kepala Binpotdirga Mayor Tek Saefudin Zuhri selaku Koordinator acara mengatakan, para disabilitas ini terlihat begitu semangat dan antusias mengikuti kegiatan. Acara dimulai dengan poto bersama dengan pejabat Lanud Abd Saleh. Kemudian, melakukan kunjungan ke Museum A. Sulaksono, Skadron Udara 21 dan Skadron Tehnik 022.

” Mereka mendapatkan penjelasan secara umum terkait dengan Tugas pokok dan Fungsi Lanud Abd Saleh,” jelasnya.

Acara peringatan hari cacat internasional yang mengusung tema , ‘Memberdayakan penyandang disabilitas dan memastikan inklusivitas dan kesetaraan’” tersebut dihadiri para Kepala Dinas, Komandan Satuan, dan Pejabat Lanud Abd Saleh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here