Dalam rangka menyambut HUT Kemerdakaan RI Ke 73, Lanud ABd Saleh gelar kejuaraan Menembak antar satuan

Liputan : Djaka Kumara

Malang, metropuncaknews.com -Guna meningkatkan kemampuan anggota dalam menggunakan senjata api (senpi), Lanud Abd Saleh menggelar lomba menembak antar Satuan selama 3 hari. Perlombaan itu digelar sejak Senin 6 Agustus  hingga Rabu 8 Agustus 2018. Sedangkan kegiatannya dilaksanakan  di Lapangan Tembak Pancanaka Lanud Abd Saleh dan Patriot Sejati.

Perlombaan tersebut merupakan rangkaian dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun  Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 73.

Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI Andi Wijaya, S. Sos disela-sela acara mengatakan, lomba menembak ini bertujuan selain meningkatakan kemampuan juga memotivasi anggota. Untuk selalu berusaha meningkatkan kemampuan menembak. Selain itu juga untuk menanamkan disiplin dan memupuk kegemaran akan olahraga militer, dalam hal ini menembak.

“ Selain itu menembak merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki dan dikuasai oleh setiap prajurit,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dan Lanud mengatakan, olah raga menembak merupakan sarana yang tepat untuk melatih mental, intuisi, dan kemampuan mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Karena olah raga menembak bukan sekedar mengandalkan fisik dan senjata saja, namun juga memerlukan mental yang prima.

” Perpaduan antara pikiran yang fokus dan perasaan yang tenang,  terpadu menjadi satu untuk membidik dan mengendalikan senjata, sehingga mendapatkan hasil perkenaan yang tepat sasaran,” jelas Dan Lanud.

Melalui lomba menembak ini, masih kata Dan Lanud, nantinya kita bersama-sama dapat menggelorakan, sekaligus untuk merangsang pembinaan olah raga menembak bagi seluruh prajurit Lanud Abd Saleh. Hingga didapat potensi dalam rangka mencapai prestasi yang membanggakan.

” Saya berharap, hendaknya filosofi yang terkandung dalam olah raga menembak dapat diaplikasikan dimanapun bertugas, sehingga  membantu, mendukung, dan memotivasi kita dalam peningkatan  kinerja secara profesional dan optimal,” ujarnya menegaskan.

Sementara, Ketua Panitia yang kesehariannya menjabat sebagai Kepala Seksi Senjata Lanud Abd Saleh Mayor Tek Andik Purwanto, S.T. mengatakan, lomba menembak terdiri dari menembak eksekutif, dan menembak Pistol Reaksi, dengan menggunakan senjata Glock, sementara menembak Senapan dengan menggunakan senjata SS2V2. Perlombaan tersebut diikuti 17 satuan Lanud Abd Saleh dan Insub. Untuk lomba eksekutif masing-masing satuan diwakili 2 Perwira, sedang  menembak Pistol Reaksi dan Senapan masing-masing satuan 1 Perwira dan   2 Bintara/Tamtama.

Mayor Tek Andik menambahkan, adapun hasil dari perlombaan tersebut untuk menembak eksekutif Juara 1 diraih Dinas Logistik dengan nilai 358. Juara 2 Disops dengan nilai 332, sedangkan Juara 3 diraih Staf Khusus dengan nilai 316. Sementara juara menembak Pistol Reaksi Juara 1 diraih Yonko 464 Paskhas  nilai 6.93, sedang Juara 2. Denmatra 2 Paskhas nilai 6.53, untuk Juara 3 dimenangkan Satpomau dengan nilai 6.31.

” Sedangkan juara menembak senapan, Juara 1 diraih Yonko 464 Paskhas dengan nilai 5.32, untuk Juara 2 diraih, Denmatra 2 Paskhas nilai 4.64, dan juara 3 dimenangkan oleh Dinas Logistik dengan nilai 3.13,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here