Laporan : Djaka Kumara

Malang, metropuncaknews.com – Lanud Abdulrachman Saleh menggelar Latihan Crash Team dan Airbag Jack. Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari. Tepatnya sejak Senin (19/11) sampai Kamis (22/11) di Pararel Runway Lanud Abd Saleh.

Kegiatan itu diikuti personel dari seksi Baseops, Seksi Opslat Disops, Lambangja, Seksi Angkutan, Crashteam, Airbag Jack Team, Seksi Sarban, Skatek 022, Pom, Intel, Rumkit, Pentak dan Hanlan serta jajaran Skadron Udara di Wing 2 Lanud Abd Saleh. Kegiatan tersebut diselenggarakan Dinas Operasi Lanud Abd Saleh bekerja sama dengan Lambangja Lanud Abd Saleh.

“ Pada Kamis (22/11) ini, dilaksanaan manuver lapangan di area Lanud Abd Saleh. Tepatnya di pararel runway, dengan melibatkan personel dan peralatan crashteam dan airbag jack yang dimiliki Lanud Abd,” ungkap Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI Andi Wijaya, S.Sos.

Menurutnya, latihan Airbag Jack combine dengan Crashteam ini adalah yang pertama kali dilaksanakan di jajaran TNI AU, yang selama ini hanya dilaksanakan uji fungsi airbag jack di Skadron Teknik.

Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI Andi Wijaya, S.Sos. juga mengatakan, gelar latihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme personel Crash Team Lanud Abd Saleh beserta unsur terkait saat menghadapi maupun menangani kemungkinan adanya kejadian crash-landing pada pesawat terbang sewaktu-waktu yang tak terduga.

“Diharapkan, upaya penyelamatan penumpang dan pengamanan lokasi terjadinya kecelakaan serta sterilisasi di Bandar Udara dapat dilakukan oleh Crash team beserta unsur terkait (Penanggulangan Keadaan Darurat / PKD) dan dapat meminimalisir /mencegah terjadinya korban yang lebih besar, ” pungkas Danlanud.

Sementara Kepala Dinas Operasi Kolonel Pnb Reza  R.R Satranegara, S, Sos, M, AP. yang diwakili Kepala Seksi Baseops Disops Lanud Abd Saleh Mayor Pnb Dodik S. Mengatakan, kegiatan ini diawali dengan Bina kelas tentang pengetahuan  Emergency Respon Plan, tugas dan tanggung jawab Crashteam, Prosedur pengoperasian Airbag jack.

 

” Selanjutnya melaksanakan praktek lapangan emergency exit dan emergency evacuations pada pswt C-130 Hercules, C-212 Cassa, Super Tucano, dan Boeing/Airbus/ATR, “ungkap Reza.

Selain itu juga melaksanakan Table Top Exercise sebagai tahapan sebelum pelaksanaan Latihan Crashteam dan Airbag Jack sebagai Penanganan Keadaan Darurat Kecelakaan Pesawat Udara (PKDKPU) di area Lanud Abd Saleh. Tabel Top exercise ini dilaksanakan satu hari sebelum pelaksanaan manuver lapangan atau praktek lapangan.

” Keuntungan dari  Table Top Exercise ini adalah peserta lebih paham terhadap emergency response plan yang ada, peserta akan lebih memahami aturan dan ketentuan dalam procedure PKDKPU, mengetahui kekurangan dan kendala yang mungkin terjadi dari perencanaan yang ada, memastikan bahwa procedure yang ada dapat bekerja sesuai dengan semestinya,” jelas Mayor Pnb Dodik S.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here