Liputan : Djaka Kumara

Malang, metropuncaknews.com – Pada Selasa (14/8) Lanud Abd Saleh kembali mengirimkan bantuan untuk korban bencana alam gempa Lombok, Bantuan itu secara simbolis diberangkatkan oleh Danlanud Abd Saleh Marsma TNI Andi Wijaya yang diwakili Kadisops Kolonel Pnb R.R. Reza Sastranegara. Bantuan tersebut diberangkan dengan menggunakan pesawat milik TNI AU Hercules C-130 A-1336, Skadron Udara  32, yang berhome base di Lanud Abd Saleh.

Pengiriman bantuan ini merupakan yang keempat kalinya bagi korban gempa Lombok. Sebelumnya Lanud Abd Saleh juga sudah memberangkatan bantuan sosial. Sehingga total bantuan kemanusian untuk hari ini sebanyak 26 Ton lebih. Yaitu meliputi bahan pokok, obat-obatan, makanan dan aneka logistik lainnya.

“ Untuk pengirimanya berdasarkan skala prioritas yaitu sesuai perintah komando atas,” papar Kolonel Pnb Reza Sastranegara pada awak media.

Pengiriman bantuan sosial gempa Lombok, lanjutnya, hari ini ada dua flight. Yaitu flight pertama sebanyak 12 Ton lebih 623 Kg, berasal dari kumpulan pengusaha Surabaya, perorangan, Gudang Garam,  IDAI Jatim, bersama para relawan dari Fakultas Kedokteran Unibraw Malang, Kodim, dan tim Resque 7 orang.

Untuk Flight kedua sebanyak 13 Ton lebih 751 Kg. Berasal dari Korem 083 Malang,  BNPB Malang, BPJS, Korem 084 Surabaya, SMAN 8 Malang Alumni 2000, Paguyuban Pasundan Jatim, SMPN 1 Malang Alumni 93, SR (Sedekah Rombongan), DPD PPNI Malang, Mahasiswa Lombok, beserta relawan BPBD sebanyak 6 orang.

” Pesawat Hercules maupun CN 295 merupakan pesawat angkut yang sangat strategis dalam membantu mendistribusikan bantuan sosial, dan TNI AU tetap akan memfasilitasi bantuan sosial tersebut, jadi tidak hanya melalui Lanud Abd Saleh, namun juga melalui Lanud-Lanud lain seperti, Iswahyudi Madiun, Adisoemarmo Solo, Adisutjipto Yogyakarta, Lanud Halim Perdana Kusuma sebagai sentral bantuan sosial, ” ungkapnya.

Lebih lanjut Kolonel Reza Sastranegara, mengatakan, pihaknya akan tetap berkoordinasi dengan rekan-rekan kewilayahan yang ada di Lombok NTB. Terkait barang-barang apa yang dibutuhkan disana.  Apakah masih bisa dilaksanakan bantuan sosial, sampai ada informasi lebih lanjut. Namun kita tetap mengupayakan bantuan sosial bagi sudara kita yang terkena musibah gempa di Lombok.

Bantuan sosial sampai hari ini di Posko Lanud Abd Saleh  masih ada sebanyak 526 koli atau  sekitar 6.575 kg, dan tentunya ini akan selalu bertambah terus.

” Harapan saya, melalui pengiriman bantuan tersebut dapat meringankan derita korban dan membantu mempercepat pemulihan gempa di Lombok. Mudah-mudahan Lombok bisa segera bangkit,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here