Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Belum sepekan bunga bangkai ditemukan Di Desa Nanggalamekar Kecamatan Ciranjang. Sekarang tiga tangkai bunga bangkai ditemukan lagi di pekarangan depan rumah milik Suryanto (60) warga Kp Bojong RT 03/14 Desa Sabandar Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur.

Tidak kalah seru, bunga bagai tersebut, tiap sore hari ditonton warga sekitar dan apa pula warga Kabupaten Sukabumi yang sengaja datang ingin melihat bunga bangkai dari dekat.

Pemilik bunga bangkai yang juga mantan seorang petugas pengamat hama tanaman, Suryanto (60) menjelaskan, lima hari yang lalu ia menemukan satu tangkai bunga bangkai yang masih kuncup. Namun selang dua hari kemudian ditemukan lagi dua tangkai bunga bangkai yang tumbuh tak jauh dari bunga bakai yang ditemukan pertama.

Ketika bunga bangkai yang pertama ditemukan mekar, Suryanto sempat minta maaf pada seluruh tetangga yang rumahnya berdekatan dengannya. Karena tiap sore hari menjelang malam keluar aroma yang tidak sedap. Yaitu bau bangkai binatang.

Namun nyata warga bukannya marah, melainkan seluruh tetangga penasaran ingin melihat bunga bangkai dari dekat.  Hingga tiap hari menjadi tontonan warga setempat. Tidak hanya itu saja, warga Sukabumi dan Kabupaten Bandung banyak yang datang untuk melihat bunga bangkai dari dekat.

Selain itu, sambung Suryanto, bunga bangkai yang sekarang keluar itu sengaja ditanam beberapa tahun lalu. Bibitnya diambil dari salah satu hutan di Provinsi Banten. Ketika itu, ia ditugaskan pemerintah menjadi seorang pengamat hama.

Bunga bangkai yang keluar sekarang itu, merupakan yang ke 5 kalinya. Karena hampir tiap tahun, tepatnya Nopember, Desember hampir dapat dipastikan ada yang keluar. “ Minimal 1 tangkai, namun tahun sekarang, itu benar istimewa bisa keluar tiga tangkai dan diameternya cukup besar dan tinggi,” kata Suryanto.  

Sementara itu, salah seorang pengunjung warga Kabupaten Sukabumi Hj. Jusup Supartin mengatakan, mengetahui adanya bunga bangkai yang tumbuh dipekarang rumah milik Suryanto itu, melihat dari Group WhatsApp (WA) keluarga. Karena pemilik bunga bangkai masih tergolong saudara.

Maka dengan adanya itu, pihaknya sengaja datang ke Karangtengah Cianjur, untuk melihat tiga tangkai bunga bangkai yang tumbuh di pekarangan rumah. “ Ternyata saudara dari Kabupaten Bandung sudah ada di rumah keluarga Suryanto yang sama – sama penasaran ingin melihat bunga bangkai dari dekat,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here