Perbaikan TPT yang ambruk di depan rumah warga

Laporan : Dadan Nahili

Sukabumi, metropuncaknews.com – Hujan deras yang turun beberapa hari terakhir ini,  mengakibatkan ambruknya Tembok Penahan Tanah (TPT). Seperti yang terjadi di halaman depan rumah milik Riani Yamber (30) dan H. Jaja (60) warga Kampung Lamping RT 05/03 Desa Cireunghas Kecamatan Cireunghas Kabupaten Sukabumi. TPT sepanjang 6 meter itu ambruk pada Minggu (11/11) kemarin sekira puku;14.00 WIB.

Menurut keterangan warga setempat, Sebelum ambruk, di TPT tersebut  ada keetakan dibeberapa titik. Namun karena diduga kuranya pengawasan dan perawatan TPT, Hingga akhirnya TPT ambruk tak kuat menahan derasnya air.

Setelah mendapat informasi adanya TPT yang ambruk, Kepala Desa Cireunghas Denny Nurmawan dan beberapa stafnya langsung bergegas ke lokasi kejadian. Denny menyaksikan secara langsung adanya TPT yang ambruk. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun kerugian materi mencapai puluhan juta rupiah.
” Untuk itu pihak Pemerintahan Desa Cireunghas telah mengupayakan dan memberikan bantuan berupa bahan material yang dibutuhkan untuk dibangun bangun kembali,” ujarnya, Senin (12/11).
Sementara itu, Kasi Kesra Hendang Haryono  menambahkan, mengenai penanganan cepat pasca bencana di lokasi longsor tersebut mengingat longsoran tanah tersebut berpotensi mengarah ke badan jalan. Dikuatirkan, jika tidak segera diperbaiki, keretakan tanah akan  membesar ke bagian teras rumah warga.

” Untuk itu pembangunan TPT akan segera dibangun kembali lebih kokoh dari sebelumnya hingga tidak akan terjadi lagi longsor diwaktu hujan deras, ” kilah Hendang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here