Kepala KUA Cidaun, Dasep

Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Belum lama ini, di Cianjur ramai beredar informasi seorang ibu melahirkan tanpa kehamilan di kampung Gabungan RT 02/02 Desa Sukapura Kecamatan Cidaun Cianjur Selatan Jawa Barat. Atas hal itu, Kepala Kantor Urusan Agama Cidaun, Cianjur Jawa Barat, angkat bicara terkait status perkawinan orang tersebut.

Menurut Kepala KUA Cidaun, Dasep,  ibu yang melahirkan tanpa kehamilan bernama Siti Zainah itu, masih tercatat di KUA Cidaun sebagai suami istri yang sah. Artinya statusnya belum bercerai dengan Muhammad Sofiuloh suaminya.

” Benar, pasutri Siti Zainah dan Muhammad Sofiuloh masih tercatat pernikahannya sejak hari Selasa 2 Mei 2017, lalu. Nah, maka kami tegasakn secara hukum negara, mereka belum resmi bercerai,” kata Dasep, Rabu (17/02/2021).

Karena pernikahannya resmi terdaftar di KUA Cidaun, lanjut Dasep. Seharusnya perceraiaannya pun resmi di pengadilan agama (PA), dan diketahui KUA setempat. Jadi kalau hanya dibawah tangan, itu tidak tercatat di KUA. Artinya masih terikat pernikahan, walaupun sudah bercerai secara hukum agama.

” Jadi, sekali lagi kami jelaskan, pernikahan pasutri tersebut masih tercatat sebagai suami istri yang sah di KUA Cidaun. Belum bercerai karena tidak ada laporan dari PA maupun keduanya,” jelas Dasep.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here