Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Banyak orang tua yang mengeluhkan keberlangsungan belajar mengajar anaknya di musim pandemi ini. Adapun yang dikeluhkannya itu adalah masalah pembelian quota. Pasalnya, orang tua murid merasa keberatan jika dimasa sulit ini harus ada biaya tambahan untuk beli quota.

” Bantuan sosial dari pemerintah memang ada, tapi itu kan tidak mencakup untuk pembelian quota. Disisi lain sebagai orang tua, harus menunjang kegaiatan anak untuk belajar,” ujar salah seorang orang tua murid saat ditemui di rumahnya, Senin (10/08).

Menyikapi hal tersebut, untuk keberlangsungan kegiatan belajar mengajar (KBM) dimasa pandemi ini khususnya, jajaran Koramil di masing-masing wilayah membantu menyediakan jaringan internet atau Wifi gratis.

Kepedulian tersebut tak luput dari perintah dan gagasan panglima TNI, Kasad, hingga ke masing-masing komandan Kodim. Termasuk yang digalakkan juga oleh Dandim 0608/Cianjur, Letkol Kav. Ricky Arinuryadi.

” Kami telah siapkan akses jaringan internet secara gratis untuk dimanfaatkan anak didik yang tidak memiliki paket internet, demi membantu meringankan beban masyarakat terutama keluarga kurang mampu. Sehingga kegiatan belajar dalam jaringan (daring) tetap bisa lancar,” kata Ricky Arinuryadi pada wartawan, Senin (10/08).

Ricky mengatakan, program wifi gratis ini bentuk kepedulian TNI dalam dunia pendidikan. Karena saat ini proses belajar mengajar hampir semua wilayah dilakukan secara online (daring).

” Dari laporan di lapangan, masih banyak anak didik yang belum ada paket internet, bahkan terbilang cukup kesulitan mendapatkan jaringan karena aksesnya yang tidak memadai,” katanya.

Lebih lanjut Ricky menyebutkan, pembelajaran yang dibantu penyediaan wifi-nya di wilayah Kodim 0608/CJR itu diantaranya, di Koramil wilayah 02, 03, 04, 07, 10 dan 13. ” Secara jumlah yang terdata di lapangan, total siswa SMA itu sebanyak lima orang, dan pelajar SD itu berjumlah 15 orang. Mudah-mudahan program ini dapat dimanfaatkan oleh anak didik yang memang tidak memiliki paket internet,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here