Kegiatan yang diselenggarakan Komandan dan anggota Koramil 0619/Cipatat, Koramil 0920/Cipeundeuy dan jajaran Kodim 0609/Kabupaten Bandung

Laporan : Iriyanto

Cimahi, metropuncaknew.com – Komandan dan anggota Koramil 0619/Cipatat, Koramil 0920/Cipeundeuy dan jajaran Kodim 0609/Kabupaten Bandung menggelar kegiatan amal Jumat Berkah. Yaitu dengan membagi paket nasi dan minum bagi warga dan masyarakat yang lewat disekitar Jl. Gatot Subroto Kp. Kalidam Kelurahan Karangmekar Kecamatan Cimahi Tengah, Jum’at (1/3).

Pada kegiatan yang diselenggarakan di Makodim 0609/Kabupaten Bandung tersebut, pihak penyelenggara menyediakan sarapan pagi gratis untuk masyarakat.

Danramil 0919/Cipatat, Kapten Kav Rivai Lubis mengatakan, kegiatan Jumat Berkah yang dilakukan di Makodim 0609/Kabupaten Bandung tersebut, merupakan bentuk ‘Kemanunggalan TNI bersama Rakyat’. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian kepada sesama dan ajang silaturahmi antar istri prajurit.

Hal itu disampaikan pada metropuncaknew.com disela-sela kegiatan makan bersama masyarakat Kp. Kalidam Kelurahan Karangmekar Kecamatan Cimahi Tengah, Jumat (01/03).

Lebih lanjut Rivai Kubis mengatakan, program kegiatan Warung Jumat Berkah ini bertajuk, ‘ makan sepuasnya bayar seikhlasnya’. Program ini,masih kata Rivai Lubis, merupakan program inisiatif dari Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XX Dim 0609/Kabupaten Bandung, Rinie Teguh Waluyo.

“ Dia lah yang mempunyai gagasan Jumat Berkah yang kita ketahui hari Jumat adalah hari yang sangat berkah dan secara spiritual agama sebagai bentuk ibadah,” jelasnya.

Danramil 0920/Cipendeuy Kapten Arm Amat membenarkan hal tersebut. Menurut, hal tersebut dilakukan sebagai upaya menanamkan rasa keikhlasan para persatuan istri prajurit, Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) ranting maupun Cabang XX Dim 0609/Kabupaten Bandung.

“ Kebetulan yang memasak juga para istri tentara sehingga menu yang disajikan adalah menu yang cukup sehat dan masuk dalam kriteria kesehatan, Bukan makanan dari luar. Alhamdulillah. Ini motivasi untuk para ibu-ibu memasak di rumah, membiasakan diri menyajikan masakan untuk keluarga besar, sehingga menciptakan keluarga prajurit yang harmonis,” lanjutnya.

Sajian yang sehat dan nikmat ini diperuntukan bagi masyarakat sekitar. “ Terutama mereka yang berkunjung, tidak mengenal golongan baik dari menengah ke bawah atau menengah ke atas. Kita ajak makan bareng,” ujarnya menegaskan.

Sementara Ny H.Rifai Lubis, Ketua Ranting 20 Persit KCK Cabang XX Dim 0609/Kabupaten Bandung mengatakan, pihaknya juga berpartisiasi dengan berdonasi dalam kegiatan Jumat Berkah ini yang bekerjasama dengan Dandim 0609/Kabupaten Bandung.

“ Program ini rutin dilakukan setiap pekan di setiap Jumat. Di sisi lain kita juga mempunyai program terwujudnya kemanunggalan TNI dengan rakyat secara menyeluruh, bagaimana masyarakat juga ikut makan bersama di sini dengan suasana kesederhanaan serta didukung dengan fasilitas yang sehat,” ucap Ny Hj. Rifai Lubis

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) , Cabang XX Dim 0609/Kabupaten Bandung, Rinie Teguh Waluyo menambahkan, setiap Jumat pihaknya menyajikan makanan sehat dan selalu ramai dikunjungi warga masyarakat.

“ Masakan yang kita sajikan habis semua, sehingga, untuk kegiatan ini dengan program makan sepuasnya bayar seikhlasnya mendapatkan hasil yang barokah,dan masyarakatpun sangat mengapresiasi kegiatan ini, Selain antusias warga datang, mereka juga menilai acara ini sangat positif.” jelas, Rini Teguh.

Sementara itu salah seorang warga setempat Ismail (27), mengaku senang menerima paket menu sarapan pagi, Dia berdoa dan berharap  kepada TNI khususnya Korami 0919/Cipatat, Koramil 0920/Cipeundeuy dan Dandim 0609/Kabupaten Bandung, agar tetap jaya dan dicintai rakyat.

“ Kami berharap seluruh jajaran TNI dapat meningkatkan sinergitas dengan jajaran di setiap pembangunan demi terciptanya, kepentingan nasional dan kemakmuran rakyat, semoga banyak pihak lain yang mengadakan kegiatan serupa,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here