Layanan KB Kes di halaman kantor Koramil Cugenang

Laporan : Shandi 

Cianjur,  metropuncaknews.com – Dalam rangka bakti TNI kepada masyarakat, Koramil 05/Cugenang mengadakan kegiatan pelayanan KB Kesehatan (TNI Manunggal KB Kesehatan). Kegiatan tersebut diselengarakan di halaman kantor Koramil Cugenang, Rabu (26/9).

Tujuan kegiatan tersebut adalah meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, terutama bagi ibu-ibu dalam penggunaan KB.

“ Melalui kegiatan KB Kesehatan di wilayah Koramil 05/ Cugenang Kodim 0608/Cianjur, mari kita wujudkan sinergitas antara TNI, pemerintah dan BPPKB dalam rangka meningkat kwalitas kesehatan dan meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat di daerah,” ucap Danramil Cugenang Letnan I (Kav) Mohamad Ma’rupin.

Menurut Danramil, kegiatan ini diselenggarakan secara rutin. Maksudnya, agar masyarakat bisa merasakan dampak serta manfaat KB. Selebihnya bisa merasakan kesejahteraan. Intinya bisa mengurangi beban kematian ibu dan bayi.

Danramil juga menyampaikan ucapan terima kasih pada Kodim 0608/Cianjur, seluruh anggota Babinsa se-Kecamatan Cugenang, Dinas Kesehatan (Dinkes), Dr, Bidan, Puskesmas, Muspika dan OPD yang ada di Kecamatan Cugenang.

Diharapkan, untuk kedepannya pihak-pihak terkait bisa tetap bersinergi. Sehingga bisa tercapai semua yang diharapkan, dan masyarakat akan semakin sadar tentang penggunaan KB.

Sebanyak 95 peserta dari 16 desa yang ada di Kecamatam Cugenang mengikutinya kegiatan KB Kesehatan. Pada saat itu  yang diayudi 9 orang dan implan 86 orang.

Kegiatan pelayanan KB Kesehatan tersebut, bisa terlaksana berkat kerjasama antara TNI, Dinas Kesehatan, Puskesmas dan PPKB Kabupaten Cianjur.

Syaiful Anwar PLT Kepala Dinas KB Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Cianjur mengatakan, kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan ini jelas sangat membantu. Karena kegiatan ini memberikan pendidikan (pemahaman) pemerintah dalam pelaksanaan program KB di masyarakat. “ Terutama bagi pasangan subur, yang artinya bisa lebih memantafkan dan menyukseskan program KB,” ungkapnya.

Diakui Syaiful, Dinas Kesehatan tidak mungkin bisa bekerja sendiri.Karena itu, pihaknya atas nama Pemerintah Cianjur melalui Dinkes banyak mengucapkan terimakasih pada TNI.

Melihat antusias masyarakat yang tanpa diminta, mereka sudah mau melakukan pemasangan KB (Ayudi/implan), Syaiful mengimbau pada seluruh masyarakat, jangan hanya pada saat atau moment TNI Manunggal saja, melainkan harus kontinyu. “ Karena Dinas Kesehatan sudah siap melayaninya kapanpun”, pungkasnya.

Sementara Korwil PPKB P3A Kecamatan Cugenang M. Ceng Rusmana mengatakan, alahamdulilah pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal ini berjalan lancar. Ada pun peserta yang mengikutinya, sebanyak 94 peserta. Yaitu 9 Ayudi 86 Implan. “ Terimakasih pada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ini,” imbuh dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here