Kondisi jalan Desa Sukasari yang sangat memprihatikan

Laporan : Cece

Cianjur, metropuncaknews.com – Kondisi jalan Desa Sukasari, Kecamatan Karang Tengah, Kabupaten Cianjur, sangat memprihatinkan. Saat ini ruas jalan tersebut selama ini  belum ada perbaikan dari pemerintah setempat. Hingga, jalan yang mulanya diaspal kini hanya tinggal batu dan tanah.

Menurut keterangan  seorang pengendara motor saat sedang melintas yang juga warga setempat, Eli (34), kondisi jalan sudah lama dalam keadaan rusak. Sehingga tidak layak dilalui kendaraan. Karena ruas jalan penghubung Desa Sukasari dengan Desa Langensari sepanjang 800 meter, lebar 2,5 meter, sekarang kondisinya sangat memprihatinkan. Selain di tengah jalan banyak lubang,  juga banyak bahu jalan yang nyaris ambruk karena terkikis air hujan.

Jalan yang menghubungkan dua desa itu merupakan jalan yang sangat dibutuhkan keberadaannya oleh masyarakat. Namun sudah lama tidak mendapat perbaikan,  Bila musim hujan datang, banyak kubangan air di tengah jalan. Sedangkan kalau saat musim kemarau, debu berterbangan, hingga masyarakat rawan terjangkit penyakit ISPA.

Akses jalan tersebut, kerapkali dilalui para pelajar juga dilewati kendaraan warga yang hendak pergi pulang ke pasar Cianjur. Maka dengan kondisi jalan yang rusak berat, aktivitas warga terganggu.
“ Karena itu, warga sangat berharap, jalan tersebut dapat segera diperbaiki. Sebab dengan jalan yang layak pakai, bukan saja dapat meningkatkan aktivitas warga, tapi juga dapat mendongkrak perekonomian warga desa,” ucap Eli pada awak media, Minggu (2/9).
Hal senada juga diucapkan Dodi (45) warga Kampung Ciheulang Desa Langensari. Dodi menambahkan, ruas jalan desa tersebut, sekarang kondisinya semakin rusak berat. Karena sejak  2008 tidak pernah mendapat perbaikan dari pihak pemerintah desa mau pun dari pihak Pemkab Ciajur.

“ Meski pun Pemerintah Desa Sukasari tidak terbiasa menggunakan jalur jalan tersebut, tapi setidaknya  harus memiliki rasa simpati dan tanggung jawab terhadap pembangunan jalan yang ada di wilayah desanya,” kilah Dodi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here