Latihan uji siap tempur (UST) Tingkat Kompi yang diikuti personil Kompi 42 dari Yonkav - 4/Kijang Cakti sebanyak 79 orang.

Liputan : Yatiman

Bandung Barat, metropuncknews.com – Satu Kompi Kavaleri yang diperkuat kendaraan lapis baja, berhasil usir mundur gerakan pengacau keamanan yang ada di wilayah Cipendey Kompleks Kabupaten Bandung Barat, Kamis ( 3/8).

Pengacau keamanan yang disinyalir sering membuat keributan, keonaran dan mengintimidasi masyarakat bahkan sering kali melakukan perampasan dan pencurian disekitar wilayah tersebut.

Namun, jangan salah tafsir dulu, ini adalah merupakan skenario latihan uji siap tempur (UST) Tingkat Kompi yang diikuti personil Kompi 42 dari Yonkav – 4/Kijang Cakti sebanyak 79 orang.

Latihan UST Tingkat Kompi ini dilaksanakan selama 5 hari mulai dari tanggal 31 Juli sampai dengan 3 Agustus 2018. Lokasinya di area latihan di Cipatat, Rajamandala dan Cipendey Kabupaten Bandung Barat.

Dandim 0607/Sukabumi Letkol Kav Mujahidin, selaku Wakil Komandan Latihan memimpin langsung berjalannya latihan UST Tingkat Kompi ini hingga berakhir.

Pada kegiatan itu, Mujahidin mengatakan, latihan ini  merupakan uji siap tempur untuk menguji kesiapan tempur personil serta materil Kompi 42 Yonkav – 4/Kijang Cakti dan bukan latihan seperti biasanya.

Mujahidin menegaskan, dengan menggunakan kendaraan tempur tua yang kita miliki ini, tidak  menjadikan penghalang bagi kelangsungan latihan yang benar dan sesuai dengan yang diharapkan.

Latihan UST ini diawasi juga oleh Kabaglat Rindam III/Siliwangi Letkol Inf Lukman Arif, sekaligus yang mewakili Danrindam dan Wadan Rindam III/Siliwangi.

Akhir dari latihan Kompi 42 Yonkav 4/Kijang Cakti yang dipimpin Dankinya Lettu Kav Ibnu berhasil mengusir mundur pengacau keamanan dan dilanjutkan dengan melaksanakan pertahanan di daerah yang selama ini diduduki oleh pengacau keamanan tersebut.

Latihan ini awasi juga dari tim Wasev Pussenkav TNI AD Mayor Kav I. Nengah. P. Untuk tim penilai terdiri dari Kapten Kav A. Gofur dari Kodim 0618/BS, Kapten Kav H. Rifai Lubis Danramil Cipatat Kodim 0609/Kab. Bdg, Kapten Kav Tarjo Danramil Ciamis, Kapten Kav Suharto Kodim Kuningan dan Kapten Kav Suwarno dari Bintaldam III/Siliwangi. Sedangkan  Kawasdal dipegang oleh Mayor Kav Susanto dari Pendam III/Siliwangi.

Maka dengan dilakukannya uji siap tempur ini, untuk membuktikan bahwa Kompi ini siap untuk melaksanakan tugas apabila sewaktu-waktu mendapatkan perintah tugas opersi dari komando atas. (Sumber : Pendam III/Siliwangi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here