Laporan : Dani/Ace

Cianjur, metropuncaknews.com – Masyarakat peduli lingkungan, turut andil dalam kegiatan bersih-bersih Sungai Cianjur yang melintas di wilayah Kecamatan Cugenang, Sabtu (30/11).

Kegiatan yang diselenggarakan Komunitas Pemuda Cugenang (Kompac) dan Forum Kaukus Lingkungan Cianjur (FKLC) tersebut, merupakan kepanjangan tangan dari Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutan (KLHK). Hal itu dilakukan KLHK untuk mendorong kesuksesan program Citarum Harum.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kabag Program dan Evaluasi KLHK, perwakilan DLH Kabupaten Cianjur, Camat Cugenang beserta jajaran, Kapolsek Cugenang beserta jajaran, Komunitas, Mahasiswa, petani dan masyarakat.

Saat ditemui awak media, perwakilan dari FKLC Ageung mengatakan, kegiatan tersebut merupakan sebuah stimulus untuk membangun gerakan masyarakat, khususnya di Cianjur. Jadi bagaimana caranya untuk mengembalikan marwah sungai. Terutama di aliran Sungai Cianjur yang merupakan bagian dari aliran Sungai Citarum.

” Ya, untuk mengembalikan sungai menjadi lestari, bisa melalui kegiatan kerja bakti seperti ini. Sehingga, masyarakat bisa mulai tergugah kesadarannya, dan tentunya hal itu juga harus ada dukungan dari pemerintahan desa setempat,” kata Ageung.

Lanjutnya, kegiatan ini bukanlah seremonial. Melainkan upaya untuk mendorong masyarakat supaya punya kesadaran. Karena sungai adalah warisan kita bersama, untuk masa depan anak cucu kita. Tentunya banyak manfaat dan ekosistem yang harus dijaga dari sungai.

” Kita berharap, untuk kedepannya masyarakat dibawah pengawasan desa, bisa ikut andil mengoptimalkan aliran sungai, seperti misalnya membuat perdes tentang sampah, serta melibatkan karang taruna untuk dijadikan satgas mengawasi aliran sungai,” harapnya.

Terakhir, Ageung sangat mengharapkan,Pemkab Cianjur bisa merespon positif. Caranya dengan membuatkan perda penanganan sampah dan memberikan dukungan terhadap satgas, atau komunitas yang peduli dengan lingkungan. “ Khususunya yang sedang berupaya melestarikan aliran Sungai di Cianjur ini, ” pungkasnya.

Sementara Kasi Kumpul Sampah di Dinas Kebersihan DLH Kabupaten Cianjur Sugandi mengatakan, pihaknya merasa bersyukur dan merasa terbantu dalam masalah penanganan sampah.

” Alhamdulillah, kami sangat terbantu sekali, oleh komunitas dari tim Kementerian lingkungan hidup dan kecamatan, perangkat desa, mahasiswa dan masyarakat,” ungkapnya.

Masih dikatakan Sugandi, dengan diadakannya kegiatan seperti ini, diyakini bisa mengurangi tumpukan sampah, yang ada di bantaran sungai wilayah Kecamatan Cugenang.

” Melihat seperti ini, kami siap membantu dan memfasilitasi apa yang dimohon oleh komunitas, seperti pengadaan armada pengangkut sampah, karena menurut saya ini juga program presiden dalam program Citarum Harum,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here