Komisi I DPRD Fraksi PDI Perjuangan Kota Baubau, Muhamad Yumardin Haeruddin, bersama Wakil Walikota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, gandeng masyarakat, lakukan aksi penyemprotan disinfektan

Laporan : Atul Wolio

Baubau, metropuncaknews.com – Anggota Komisi I DPRD Fraksi PDI Perjuangan Kota Baubau, Muhamad Yumardin Haeruddin, bersama masyarakat lakukan aksi penyemprotan disinfektan, Hal itu dilakukan ke setiap rumah warga, tempat ibadah, pasar, dan lokasi umum lainnya di Kelurahan Lowu-lowu dan Kolese Kecamatan Lealea, Minggu (29/03/2020).

Kegiatan ini dihadiri langsung Wakil Walikota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, TNI, Lurah setempat, serta masyarakat setempat.

Pada kegiatan itu Monianse mengatakan, pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi gerakan sosial masyarakat seperti ini. Sebab masyarakatlah yang menjadi garda terdepan.

” Sudah sepantasnya masyarakat sebagai perhatian khusus kita, dan jangan sampai di rumah sakit. Olehnya itu kita semua harus gotong-royong memutus matarantai penularan covid-19 ini, agar tidak berkembang,” paparnya

Mengingat lanjutnya lagi, momok Virus Corona Disease atau dikenal Covid-19 telah menjadi perhatian dunia, bahkan Indonesia saat ini. Lapisan masyarakat pun, sudah menjadi perhatian khusus pemerintah dan memastikannya terhindar dari penyebaran virus tersebut.

Dikesempatannya, Ketua DPC PDI Perjuangan ini, juga menyampaikan jika Pemkot Baubau bersama DPRD, sedang berupaya secarah penuh totalitas, mengusut dan memutus matarantai Covid-19 ini.

“Berbagai elemen, Forkompimda juga sudah bergerak, kami tetap bersama,” imbuhnya.

Pada kegiatan ini, juga diikutkan edukasi ke masyarakat. Seperti tatacara pembuatan disinfektan, dari bahan pemutih pakaian, karbol, dan air. Hal ini diharapkan, agar setiap masyarakat bisa melakukannya di rumah masing-masing.

Seirama dengan Monianse, Yumardin, ikut menyampaikan, setiap masyarakat harus disiplin melakukan physical distancing. Yaitu jaga jarak aman ditempat umum, kurangi aktivitas di luar rumah atau jika tidak penting tetap dirumah saja.

” Kalau sudah mengurangi kontak fisik, berarti kita juga sudah memangkas aktivitas virus dan penyebarannya,” jelasnya.

Selain itu, masih kata Yumardin, hidup bersih itu penting. Seperti mencuci tangan atau mandi dengan sabun antiseptik, makan makanan bergizi supaya imunitas tubuh kita terjaga.

Ia pun mengimbau, bagi setiap orang (warga) pendatang, baik itu dari yang terpapar covid Covid-19, agar tak lupa mengkarantina diri secara mandiri di rumah selama 14 hari. Sekaligus mengurangi aktivitas sosial.

” Apabila ini sudah kita laksanakan secara bersama-sama dan mematuhi anjuran pemerintah, saya yakin kita semua akan terlepas dari masalah covid-19 ini,” tandasnya.

Menurut keterangan, kegiatan ini akan terus berjalan beberapa hari kedepan. Kegiatannya masih pada agenda penyemprotan cairan disinfektan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here