Poto bersama Ketua Pia Ardhiya Garini Cabang 3/ Daerah II Lanud Abd Saleh Ibu Aspiyati Andi Wijaya dengan siswa baru

Liputan : Djaka Kumara

Malang, metropuncaknews.com– Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI Andi Wijaya,S.Sos memimpin jalanya upacara pembukaan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) Sekolah Angkasa, Senin (16/7). Kegiatan tersebut berlangsung di Appron Baseops Lanud Abdulrachman Saleh.

Acara yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Padamu Negeri tersebut, dihadiri Ketua Pia Ardhiya Garini Cabang 3/ Daerah II Lanud Abd Saleh Ibu Aspiyati Andi Wijaya, Kepala Dinas Operasi Lanud Abd. Saleh Kolonel Pnb Reza R.R. Sastranegara, S. Sos., M.AP., para Guru Sekolah Angkasa Lanud Abd Saleh dan siswa-siswi SMP Angkasa serta SMK Penerbangan Angkasa Lanud Abd. Saleh

Danlanud Abd Saleh dalam sambutannya mengatakan, setelah libur panjang, para siswa kembali bersekolah. Masa Orientasi Peserta Didik Baru menjadi kegiatan pertama bagi para siswa yang baru menginjakkan kaki di sekolah.

Menurutnya, MOPDB diberlakukan agar siswa baru mengetahui lebih dalam tentang sekolah barunya. Baik mengenai lingkungannya, norma yang ada di dalamnya dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pengenalan siswa terhadap sekolahan.

Lebih lanjut Danlanud menegaskan, sayangnya, selama ini, masa orientasi tersebut kerap memiliki konotasi negatif di kalangan para siswa. Hingga tidak jarang siswa merasa ketakutan ketika harus menghadapi masa orientasi.

“ Terlebih dengan beban tugas yang kadang sulit bahkan tidak mungkin untuk dilakukan. Namun, pemerintah mencoba untuk meminimalisir masa orientasi tersebut,” ungkap Danlanud.

Selanjutnya Danlanud berharap, pelaksanaan masa orientasi peserta didik baru (MOPDB) tidak ada lagi praktek-praktek yang menyulitkan siswa atau yang mempermalukan sisiwa. Khusunya, ketika dia tidak membawa /memiliki seperti yang diharapkan panitia bahkan tidak ada lagi perpeloncoan.

“ Peserta didik baru seharusnya mendapat motivasi untuk lebih giat belajar untuk meraih prestasi. Peserta didik baru harus merasa aman, nyaman dan bersahaja pada siapa saja, baik oleh teman sebaya, para pendidik, guru, penjaga sekolah hingga penjual di kantin sekolah,” paparnya.

Pasca pelaksanaan pembukaan orentasi tersebut, para siswa-siswi Sekolah Angkasa diarahkan ke Gedung Cakrawala untuk melaksanakan Teleconferense dan dilanjutkan kegiatan penting. Yaitu peduli lingkungan disekitaran perumahan dan sekolahan.

Untuk anak-anak TK Angkasa Komplek Kartanegara melaksanakan peduli lingkungan dengan membersihkan Gereja Katholik Komplek TNI AU Kartanegara Tamanharjo Singosari. Sedangkan siswa-siswi SMP dan SMK Penerbangan Angkasa melaksanakan kebersihan disekitar perumahan dan Masjid Darussalam Komplek Pringgodani Tamanharjo Singosari.

Kegiatan ini dimaksudkan selain untuk mengajarkan siswa menghargai lingkungan serta menjaga kebersihan sekolah, perumahan maupun tempat Ibadah. Selain itu juga membiasakan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. “ Yaitu dengan cara merawat tanaman dan membuang sampah pada tempatnya,” pungkas Danlanud.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here