Kolam renag Bayu Kahuripan

Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Kolam renang & Tempat Rekreasi Bayu Iqbal Kahuripan Bojongpicung, Cianjur  menggelar kesenian bajidor yang dikolaborasikan dengan kesenian Barongsai. Atraksi tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Jadinya Kolam Renang & Tempat Rekreasi Bayu Iqbal Kahuripan yang ke 2, Minggu (10/02).

Pada acara tersebut, nampak hadir Ketua DKKC Kabupaten Cianjur, Muspika Bojongpicung dan ratusan tamu undangan. Kolaborasi dua kesenian tersebut membuat terpukau para penonton.  Karena kesenian bajidor dan Barongsai tergolong kesenian buhun yang ditampilkan lagi seakan kesenian baru. 

Direktur  Kolam Renang & Taman Rekreasi Bayu Iqbal Kahiripan H Hidayat menjelaskan, pelaksanaan peringatan hari jadi kolam renang & tempat rekreasi Bayu Iqbal Kahuripan itu merupakan program tahunan pengurus kolam renang. 

Pelaksanaannya peringatah hari jadi kolam renang yang sekarang, itu sangat berneda dengan peringatan hari jadi yang pertama. Sekarang melaksanakan hiburannya dengan menapilkan kolaborasi seni budaya sunda dulu dengan seni bidaya masa kini. Yaitu kesenian Bajidor dengan Barongsai. 

Dua kesenian tersebut, benar menjadi tontonan menarik. Kaena kesenian tersebut bisa juga dikatakan asing bagi para penonton. Hingga memukau dan membawa suasanya menjadi semarak.

Selain itu, lanjut Hidayat, adanya kolam renang Bayu Iqbal Kahuripan dan Tempat Rekresai, tiada lain untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat Kecamatan Bojongpicung. Karena selain beberapa belas karyawan seluruhnya warga setempat dan banyak pula warga yang mencari kehidupan ekonomi yang erat kaitannya dengan kolam renang. Seperti para pedagang, petugas parkir kendaraan, jasa dan usaha lainnya. 

“ Maka dengan adanya kolam renang tersebut, kedepannya semoga mampu lebih meningkatkan roda perekonomian warga Kecamatan Bojongpicung,” kata Hidayat. 

Sementara itu, Ketua I Dewan Kebudayaan Kabupaten Cianjur (DKKC) Eden Romanah menambahkan, kesenian tradisional sunda bajidor denga kesenian budaya cina barongsai, itumerupakan perpaduan kesenian yang sangat istimewa yang jarang sekali ditampilkan berbagai pihak. 

Tapi setelah dipadukan ternyata banyak disukai para penonton. Karena para penari bajidor mampu mengikuti gerakan tarian barongsai dan sebaliknya barongsai pun mampu mengikuti tabuhan musik bajidor. 

“ Semoga setiap bentuk kesenian bisa dikolaborasikan dengan kesenian lainnya, tentu saja keseniannya itu merupakan kesenian  yang jenis alatnya hampir sama, bila tidak pun mungkin akan mampu dikolaborasikan tapi tergantung para ahli kesenian itu sendiri,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here