Laporan : Fajrilah Smlawi

Cianjur, metropuncaknews – Kohati Komisariat ‘Arasy  gelar kegiatan WOMEN ENTREUPRENSHIP dengan Tema “Meningkatkan Peran Perempuan Dengan Menanamkan Jiwa Kewirausahaan”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Cianjur, Minggu (21/10) dan dihadiri 120 orang peserta yang terdiri dari pelajar tingkat SMA & Mahasiswa.

Disela-sela kegiatan, Ketua Umum Kohati Komisariat Arasy Cabang Cianjur Ai Resty menjelaskan, kegiatan tersebut dihadiri dua pemateri yang sudah mapan & berpengalaman dibidang kewirausahaan. Yaitu Yunda Ira Mariyah Ulfah Dan Rakanda Riza Trihaditya. Kedua pemateri tersebut tentunya adalah orang–orang yang sudah mengalami manis pahitnya berwirausaha.

Pemteri pertama yaitu Ayunda Ira mengatakan, seorang perempuan itu harus mampu mandiri dan dengan berwirausahalah kita akan mandiri”.

Sedangkan wirausaha menurut  Kanda Riza, merupakan suatu proses untuk mencitakan inovasi dan kreatifitas yang berbeda-beda. Sekaligus mengubah yang sudah ada sebelumnya. Berdasarkan pemaparan mengenai wirausaha yang telah dipaparkan pemateri, wirausaha merupakan salah satu perwujudan dari 5 (lima) kualitas Insan cita HMI. Yaitu, insan akademis, pencipta, pengabdi, bernapaskan isalam, dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi allah SWT. Maka berdasarkan 5 kualitas Insan cita tersebut, “ Kohati Komisariat Arasy mencoba merealisasikannya dengan membina kader Kohati serta pelajar dan mahasiswa demi terciptanya kader perempuan muda yang mandiri, inovativ dan mampu menciptakan kreasi-kreasi baru,” ujar Ai.

Ditemui seusai kegiatan, Ketua Panitia Seminar Women Enterpreneurship, Putri Diana Lestari Tj mengatakan, besar harapan semoga kegiatan seminar yang telah dilaksanakan mampu memotivasi peserta dan Kohati Komisariat Arasy pada khusunya. Untuk meningkatkan kemandirian perempuan dengan menanamkan jiwa kewirausahaan yang bertujuan membangkitkan kesadaran wanita generasi milenial untuk berwirausaha secara tepat dan cerdas.

Lanjut Putri menjelaskan, Woman should believe that our job is not only cooking or raising our children, beside that we can also doing a business, online or offline such as opening a shop near our home. Believe that woman can make more than one business. We are all capable to do more than 1 thing at once. This conference made in order to build awareness among woman to be a smart entrepreneurship”.

Artinya, wWanita harus yakin bahwa pekerjaannya bukan hanya di dapur atau mengurus anak saj. Tetapi bisa sambil berbisnis. Contohnya bisnis online atau juga offline seperti memiliki toko di dekat rumah.

“ Percayalah, ketika wanita berbisnis bukan hanya akan fokus pada satu hal tetapi lebih, Jayalah Kohati, Bahagia HMI,” tutup Putri dengan senyum energik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here