Laporan : Yatiman/ JSI /Gungun/GR/Edi

Bandung, metropuncaknews.com – Bertempat di Aula Citra Bhakti Makodim 0618/BS, Jalan Bangka No.02 Kota Bandung, telah dibuka kegiatan “KATPUAN KOMSOS”KODIM 0618/BS TA.2019. Kegiatan tersebut, dibuka oleh Dandim 0618/BS Letkol.Inf.M.Herry Subagyo, SIP, Selasa (12/03).

Dalam sambutannya etkol Inf M.Hery Subagyo, SIP mengatakan, progam ini bertujuan agar anggota Kodim 0618/BS mempunyai kemampuan untuk dapat memberikan pemahaman kepada komponen bangsa dalam pelaksanaan tugas pembinaan teritorial diwilayah. .

Hery Subagyo menegaskan, tugas pokok TNI AD sebagai bagian integral dari TNI adalah menegakkan Kedaulatan Negara. Mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. “ Serta melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap Keutuhan Bangsa dan Negara,” ujarnya menegaskan.

Lebih lanjut Hery Subagyo mengatakan, tugas pokok tersebut dilaksanakan dengan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Salah satu tugas dalam OMSP adalah melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan Sistem Pertahanan Semesta. TNI AD melaksanakan tugas tersebut melalui pembinaan teritorial.

Selain itu, juga TNI AD dalam menyelenggarakan pembinaan teritorial. Diantaranya melalui Metode Komunikasi Sosial. Metode tersebut diselenggarakan dalam rangka memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi kepada segenap komponen bangsa. Sehingga terwujud Kemanunggalan TNI-Rakyat dan meningkatnya partisipasi Komponen Bangsa dalam Pertahanan Negara.

Agar sasaran tersebut dapat tercapai lebih optimal maka perlu adanya kegiatan peningkatan kemampuan Komsos bagi Prajurit Satkowil.

Heri Subagyo juga mengatakan, saat ini bangsa dan negara sedang menghadapi berbagai persoalan.  Baik yang bersifat internal maupun eksternal. Seperti sendi-sendi kehidupan internal kebangsaan, dengan munculnya berbagai gangguan keamanan yang dilakukan oleh kelompok orang yang tidak bertanggung jawab. Konflik sosial akibat perbedaan kepentingan, lunturnya semangat kebangsaan dan melemahnya persatuan dan kesatuan merupakan problem kebangsaan yang perlu menjadi prioritas perhatian kita semua.

Menghadapi situasi dan kondisi ini, masih kata Hery Subagyo,  BABINSA hendaknya mampu memberikan kontribusi positif dan ikut serta memecahkan persoalan yang dihadapi bangsa saat ini. Tentunya sesuai dengan kapasitas dan potensi sumberdaya yang dimiliki. Karena kelangsungan bangsa dimasa depan sesungguhnya ditentukan oleh Kualitas Sumber Daya Manusia.

Hal tersebut tentunya menjadi tugas anggota kewilayahan yang merupakan garda terdepan yang berhubungan langsung dengan segenap komponen masyarakat. Sesuai tema “Melalui Kegiatan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Sosial Bagii Aparat Teritorial Kita Wujudkan Ketahanan Wilayah dan Profesionalisme Prajurit Dalam Menghadapi Pilpres, Pemilu Legislatif dan Ancaman Nirmiliter (khususnya berita hoax) di wilayah NKRI”.

Mengakhiri amanatnya, Hery Subagyo mengingatkan kepada seluruh peserta kegiatan peningkatan kemampuan komsos bahwa waktu dekat bangsa kita akan melaksanakan kegiatan Pemilu. Pihaknya selaku Dandim 0618/BS memerintahkan kepada seluruh peserta kegiatan Kemampuan Komsos supaya Menjaga Netralitas sebagai TNI. Hindari pelanggaran sekecil apapun yang berkaitan dengan pemilu tersebut.

” Demikian sambutan dari saya semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan petunjuk bimbingan dan lindunganNya kepada kita sekalian dalam mewujudkan segala pengabdian kita kepada Bangsa dan Negara, Amiin,” pungkasnya. (Sumber : Pendim 0618-BS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here