Pegiat lingkungan, ikuti progam Bersih Bersih Sungai di Desa Cicagang

Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Ratusan aktivis pegiat lingkungan ikuti ‘Kampanye Bersih-Bersih Sungai. yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kegiatannya  dilaksanakan di Desa Cijagang Kecamatan Cikalong Kulon, Cianjur, Sabtu (1/12).

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk ajakan langsung pada masyarakat agar peduli lingkungan,  terutama sungai. Karena, keberadaan limbah di sepanjang anak sungai yang bermuara ke Citarum sudah sangat memprihatinkan. Hingga  kerusakan sungai Citarum menjadi sorotan dunia internasional.

Nampak hadir pada kegiatan tersebut,  Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Tulus Laksono. Kegiatan bersih-bersih lingkungan dilaksanakan di Sungai Cikundul tepat di D.1 Leuwibokor Bendungan Cijagang.

Pada kesempatan itu Tulus mengatakan,  dalam memelihara lingkungan tentunya harus melibatkan masyarakat. Karena pemerintah juga tidak mungkin bisa bergerak sendiri. Sebab yang lebih tahu keadaan suatu wilayah adalah masyarakat. “ Jadi untuk menggali data, kan bisa datang dan tanya langsung pada masyarakat, baru dicari jalan keluarnya,” kata Tulus.

Ya, meski hanya dengan acara ngopi (ngobrol pintar) saja, ratusan relawan pegiat lingkungan nampak antusias mengikuti kampanye bersih-bersih sungai dengan tema, ‘Membangun Peradaban Sungai, Jaga Sungai, Jaga Kehidupan’, ungkap Serka Koharudin Babinsa Desa Cijagang, sebagai anggota sektor 12 Citarum Harum.

“Alhamdulillah, selama saya menjalankan tugas disini sebagai Babinsa Desa Cijagang sekaligus anggota sektor 12 Citarum Harum ini, banyak mengalami perubahan walaupun baru mencapai 11%,” kata Koharudin.

Lanjutnya, semua bisa terealisasi berkat kerjasama masyarakat dan dukungan dari Kepala Desa Cijagang Asep Zulkarnaen. Lambat laun jika ditekuni dengan telaten, masyarakat sudah mulai paham akan pentingnya menjaga lingkungan. “ Apalagi disini kan ada sungai sama gunungnya jadi masyarakat harus proaktif menjaga lingkungan,” pungkasnya.

Sementara saat ditemui seusai kegiatan, Kepala Desa Cijagang mengatakan, berkat kerja keras yang tak pernah lelah, masyarakat sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.

Terbukti masyarakat kian hari semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Terlebih dengan adanya program Citarum Harum ini, masyarakat merasa terpanggil untuk turut serta mensukseskan program tersebut.

“ Hal itu bisa di buktikan pada hari ini Sabtu, (1/12), sebanyak kurang lebih 500 orang yang terbagi 10 titik, turun langsung untuk mengevakuasi sampah di sepanjang 2 Km sungai Cikundul, ” ujar Asep Zuna.

Diharapkan kedepannya, dengan datangnya Direktur Jenderal dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini, bisa memfasilitasi apa yang dikeluhkan dan dibutuhkan untuk kesuksesan program Citarum Harum ini

“ Selain itu juga bisa membantu terbangunnya wisata air (ranting) sepanjang aliran sungai Cikundul yang ada di wilayah Desa Cijagang ini,” ujar Asrp, penuh harap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here