Pelatian pengolahan sampah

Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Puluhan peserta dari beberapa kecamatan di Kabupaten Cianjur, mengikuti pelatihan pengelolaan sampah di aula Desa Ciherang, Kecamatan Karangtengah, Cianjur, Kamis (14/3).

Kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari oleh Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan.

Peserta pun nampak antusias mengikuti kegiatan pelatihan tersebut. Diakui salah seorang peserta, Mita dari Desa Sukasari, adanya pelatihan itu sangat bermanfaat bagi masyarakat.

” Polemik sampah ini kan bukan saat ini saja, tetapi sudah ada dari dulu, nah dengan adanya kegiatan pelatihan ini sedikitnya kita bisa tahu bagaimana cara mengelola sampah,” akunya.

Ditemui seusai kegiatan Piala Sinuraya dari Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan menyampaikan, dalam pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari itu, adalah bagaimana cara pengelolaan sampah dilingkungan masyarakat. Terlebih di Cianjur sendiri memang sudah menjadi sorotan mengenai permasalahan sampah tersebut.

” Sebetulnya di Cianjur ini sudah banyak praktisi-praktisi lingkungan yang bergelut di bidang sampah. Dalam pelatihan ini kami menyampaikan materi-materi tentang pengolahan sampah organik dan non organik,” ucapnya.

Lanjutnya, KLHK berharap kader-kader yang sudah mengikuti pelatihan ini, bisa menjadi pionir di lingkungan masyarakat. Sehingga masyarakat akan sadar tentang bahaya sampah untuk kelangsungan hidup.

Masih dikatakannya, kegiatan serupa sudah dilakukan jauh-jauh hari di tahun 2018 lalu. Kini untuk tahun 2019 ini baru mulai di Kabupaten Cianjur. “ Seperti pembenahan Waduk Citarum, dan kita juga sudah melakukan banyak penanaman pohon di hutan-hutan di kawasan Cianjur ini,” pungkasnya.

Sementara saat ditemui terpisah, Kepala Desa Ciherang, Kecamatan Karangtengah, Nyanyang Syarif Hidayat mengaku, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Terlebih di wilayahnya itu memang banyak kader-kader yang peduli terhadap lingkungan.

” Ya, jelas saya sangat mengapresiasi sekali dengan apa yang dilakukan oleh KLHK, yang berkaitan dengan pelatihan pengelolaan sampah plastik ini, dan kebetulan dari sekian banyak desa di Kabupaten Cianjur ini, desa kami yang dipilih sebagai tempat pelaksanaannya,” kata Nyanyang saat ditemui di ruang kerjanya.

Nyanyang melanjutkan, permasalahan sampah ini kan bukan masalah kecil dan itu menjadi PR kita bersama. Nah, untuk kedepannya di tahun anggaran 2019 ini, pihaknya sebagai pihak Pemerintahan Desa Ciherang akan menyediakan mobil pengangkut sampah. “ Sehingga apa yang disampaikan dalam pelatihan pengelolaan sampah ini bisa terwujud,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here