Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Salah seorang pejabat Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) Jakarta, Danang Kuncara Sakti  didampingi Asisten Manager Wisata KPH Kabupaten Cianjur, lakukan monitoring dan pembinaan dan terhadap pengurus LMDH sebagai pengurus wana witara Pokland Desa Hurwangi Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur Jawa Barat, Rabu (26/08).

Seksi Pengembangan Usaha Kementrian Kehutanan Sosial, Danang Kuncara Sakti menjelaskan, dilaksanakannya pembinaan dan monitoring, karena Poklan merupakan mitra kerja Kehutanan. Setelah dikunjungi ternyata masih banyak yang perlu dikembangkan. Hal itu perlu dilakukan supaya Wana Wisata Poklan lebih elok dan banyak dikunjungi para wisatawan. Hingga pada akhirnya mampu  meningkatkan kesejahtraan seluruh masyarakat khusnya para petani desa hutan.

Pada kesempatan itu, Danang mengapresiasi pada program Kepala Desa Hurwangi. Karena gagasannya cukup cemerlang. Danang sangat setuju pada program Kades Haurwangi tersebut. “ Untuk itu perlu disikapi dengan serius. Karena semua programnya mengarah pada kesejahtraan masyarat,” ujarnya menegaskan.

Menurut Danang, Wana Wisata Pokland perlu dikembangkan dengan sirius. Karenanya, perlu adanya didukungan dari semua pihak. Utamanya bantuan dari kementrian lain. Karena tempat wisata yang seperti ini cukup banyak di Jawa Barat.

“ Karenanya, dalam waktu dekat kami akan langsung menguhubungi kementrian lainnya supaya cepat membantu pengembangan Wana Wisata pokland pada khususnya,”ujar Danang.

Alasannya, masih kata Danang, Pokland memiliki tempat yang cukup strategis. Sangat memiliki pontensi untuk dikembangkan. Karena selain memiliki pinus Karabiya sebagai jargonnya. Juga memiliki potensi aliran air sungai Citarum yang sangat indah. “ Hingga bisa dilihat dari lokasi Wana Wisata Pokland,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Haurwangi H. Dede Supyanudin, SH, MM mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih pada KLH yang tekah melaksanakan kunjungannya ke Wana Wisata Pokland. Untuk melakukan monitoring dan pembinaan terhadap seluruh pemgurus wana wisata dan pada peggurus LMDH Pokland.

Selanjutnya Dede mengatakan, Pokland sekarang sudah memiliki master plan juga site plan untuk pengembangan pembangunan di wana witara Pokland. Sepeerti diantaranya akan dibangun Lokasi Kemping Ground kedua setelah tempat wisata Cibodas. Hingga para pengujung bila ingin melaksanakan kemping bisa di Wana Wisata Pokland.

Tidak hanya itu saja, masih kata Dede, pihaknya juga telah memiliki site plan pembangunan kolam renang. Selain itu juga akan membuat tempat melihat situs purba di aliran air Citarum.Semua itu dapat dilihat  dari Wana Wisata Pokland  dengan indahnya. “ Untuk itu, pengelolaannya akan dilakukan secara kerjasama segi tiga. Yaitu dengan Perhutani, LMDH dan dengan Bumdes Haurwangi, maka dengan adanya itu tentu saja perekonomian masyarakat akan meningkat,” jelas Dede Supyanudin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here