Pembangunan bak penampungan air bersih yang tengah dikerjakan KKSM Tirta Barokah

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Kelompok Swadaya Masyarakat (KKSM) Tirta Barokah Desa Kertamukti, Kecamatan Haurwangi, Cianjur, kini tengah sibuk membangun bak penampungan air bersih. Hal itu dilakukan setelah adanya dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari Provinsi Jawa Barat melalui Dinas PUPR Kabupaten Cianjur. Bak tersebut dibangun di lingkungan Kantor Desa Kertamukti. Selain itu,dibangun pula wastapel (bak pencuci tangan) berikut pengmasangan pipa induk di 3 wilayah ke RW- an, dan membangun MCK yang dipasang di SDN Buniayu 2.

Kepala Desa Kertamukti, Cepi Agustina menjelaskan, pembangunan Reservoar, menara bak penampung air bersih dengan ukuran 4×4 meter, tinggi 2 meter dan tinggi tiang 4 meter itu, akan menampung air bersih sebanyak kurang lebih 3600 samapi 4000 liter. Airnya akan disalurkan pada 3 wilayah ke RW an. Sedangkan 5 wilayah ke RW-an lainnya telah kebagian pinisani dari sumur yang sama.

Tidak hanya itu saja, dana program bantuan BKK sekarang, diterapkan pula untuk melengkapi sarana pendidikan. Yakni pada MCK dan westafel, kran pencuci tangan di lingkungan SDN Buniayu 2 dan pemasangan pipa Induk untuk warga yang bermukim di 3 ke RW-an tersebut.

Seluruh pembangunan tersebut, dilaksanakan lanhsung pihak KKMS Tirta Barokah dibantu pihak organisasi kemasyarakatan desa dan masyarakat desa setemlat. Sedangakan pemerintahan desa hanya selaku penanggung jawab dan selaku pemantau kegiatan. Karena mengenai penterapan keuangan diatur langsung pihak petugas PUPR dan pengurus KKMS Tirta Barokah.

Diharapkan, pembangunan tower bak penampung segera rampung dibangun supaya saluran airnya itu bisa dimafaatkan warga yang membutuhkan. “ Apalagi sekarang musim kemarau, masyarakat banyak yang kesulitan untuk mendapatkan air bersih,” ucap Cepi.

Sementara itu, Ketua KKSM Mitra Barokah, Emus Suryana, mengatakankan, pihaknya telah menerima dan menerapkan dana bantuan BKK yang bersumber dari Dinas Kimrum Provinsi Jawa Barat melalui Dinas PUPR Kabupaten Cianjur.

Pelaksana pembangunan digarap langsung pihak KKSM Tirta Barokah, itu pun tidak sertamerta bisa belanja mateial sendiri. Karena belanjanya dipandu langsung pihak petugas dari PUPR. Hingga pihak KKMS Tirta Barokah hanya menerima bahan mateial sesuai dengan kebutuhan yang diajukan. Kecuali untuk upah kerja harian (HOK) itu langsung diterima pihak kelompok.

Sedangkan kekurangannya itu dibebankan pada Pemerintahan Desa Kertamukti dan masyarakat yang dihitung sebagai bantuan swadaya. Dengan adanya itu semoga pembangunan tower bak penampung air bersih cepat selesai sesuai waktu yang telah ditentukan. Supaya dimusim kemarau seperti sekarang, tidak kesulitan air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here