Laporan : Shandi/Dani

Cianjur, metropuncaknews.com – Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Kabupaten Cianjur memberikan pelayanan yang sangat mudah bagi masyarakat yang ingin mengurus surat-surat administrasi kependudukannya. Kini, masyarakat tak perlu lagi membawa surat pengantar dari RT maupun RW. 

Masyarakat yang ingin membuat Kartu Tanda Penduduk, cukup dengan membawa foto copy kartu keluarga (KK) yang diterbitkan oleh Disdukcapil. Selanjutnya, masyarakat sudah bisa mendapat pelayanan pembuatan administrasi kependudukan.

Hal tersebut diketahui, pada saat melaksanakan audien antara pihak Disdukcapil dengan sekelompok awak media yang menamakan dirinya ‘Media Center Bravo Komando’, Jum’at (15/3) lalu.

Plt, Kepala Disdukcapil Kota Cianjur, Muchsin Sidiq Elfatah menjelaskan, ini aturan terbaru yang dibuat sesuai dengan Perpres Nomor 96 Tahun 2018. Yaitu tentang persyaratan dan tata cara pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil. Bahwa prosedur pembuatan KTP-Elektronik tidak memerlukan lagi surat pengantar dari RT/RW setempat. 

” Intinya, aturan tersebut dibuat untuk meningkatkan kecepatan pelayanan administrasi kependudukan,” jelasnya.

Lanjut Muchsin, benar ini salah satu upaya untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan warga. “ Jadi bagi masyarakat yang ingin membuat dokumen (administrasi) kependudukan silahkan saja datang ke Disdukcapil dengan membawa KK yang sudah kami terbitkan,” ujarnya menegaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here