Kepala Puskesmas Cilaku menyerahkan kembali uang koin pada keluarga Yanto

Laporan : H. Rudi Salam

Cianjur, metropuncaknews.com – Pasangan suami istri Yanto dan Riska, warga Kp. Mekarsari RT 05/02. Desa Rahong Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur, mendapatkan simpati dari Kepala Puskesmas Cilaku  Yudiansyah Sutawijaya, SKM. Karena saat melahirkan Riska melahirkan anaknya yang ke 1 di Puskesmas Cilaku, Jum at (10/01), Yanto menyelesaikan adminstrasi pembayaran persalinan istrinya dengan uang koin.

Hal tersebut mengundang simpati Yudiansyah. Kepala Puskesmas yang satu ini merasa iba dan bangga melihat kegigihan seorang suami yang mau mengumpulkan koin demi koin untuk persiapan biaya melahirkan istrinya.

Saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Yudiansyah mengatakan, ia merasa salut atas kesiagaan seorang suami meskipun kondisi ekonominya kurang baik. Namun Yanto tetap semangat menabung demi persiapan persalinan istrinya.

Melihat kegigihan Yanto tersebut, Yudiansyah menegaskan, ini contoh kongrit suami siaga dan bertanggung jawab. Hal itu, lanjut Yudiansyah, sudah sesuai dengan program Puskesmas. Yaitu, seorang suami harus siaga saat istrinya mengandung.

“ Sebagai apreasiasi terhadap Yanto, biaya persalinan tersebut saya kembalikan agar digunakan untuk keperluan lainnya, saya berharap masyarakat yang lain juga mempunyai tekad yang sama seperti Yanto ini,” jelas Yudi.

Sementara itu Riska saat bincang bincang dengan salah seorang Bidan jaga, mengatakan, ia dan suaminya memang berniat menabung. Karena penghasilan suaminya itu tak seberapa. Untuk itu meskipun dengan uang yang tak seberapa nilainya, Riska dan Yanto berusaha menabung demi persiapan biaya persalinan kelahiran anak  pertamanya.

“  Alhamdulillah hari ini saya dapat melahirkan di Puskesmas dengan selamat dan mendapat pelayanan yang baik dari petugas, saya juga tidak menyangka ini mendapatkan simpati dari Kepala Puskesmas dan mendapatkan keringanan biaya persalinan,” tutur Riska dengan suara parau karena rasa harunya terhadap kebijakan yang diberikan Kepala Puskesmas Cilaku pada dirinya.

“ Atas semua kebijakan Kepala Puskesmas Cilaku ini, saya dan suami hanya bisa mengucapkan terima kasih, semoga Allah SWT membalasnya dengan pahala yang berlimpah,” imbuhnya.

Kiranya apa yang telah dilakukan Kepala Puskesmas Cilaku ini, dapat diikuti oleh Kepala Puskesmas lainnya. Semoga ….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here