Kades Munjul serahkan sertifikat tanah pada warganya

Laporan : Yadi/Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Masyarakat Desa Munjul Kecamatan Cilaku, Cianjur. sambut antusias penyerahan sertifikat tanah yang di program dalam Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2018. Acara tersebut dilaksanakan di Kampung Hampoang RT 002/008 Desa Munjul, Kecamatan Cilaku, Cianjur, Sabtu (5/1) kemarin.

Acara  pembagian sertifikat tersebut sebenarnya telah ditunggu masyarakat. Selama hampir satu tahun, warga menunggu. Akhirnya surat-surat kepemilikan tanah (akta tanah) mereka dapatkan.

Maka dengan adanya program PTSL tersebut, jelas masyarakat merasa sangat terbantu. Karena diakui masyarakat awam, hampir sebagian besar, mereka tidak tahu bagaimana cara pembuat sertifikat tanah tanah tersebut.

Bahkan parahnya lagi, tidak sedikit masyarakat yang pernah menjadi korban percaloan pembuatan akta tanah. Maka dari itu, bagaimana tidak terbantu jika PTSL diadakan untuk masyarakat.

Adalah Tatang salah seorang warga penerima manfaat PTSL, yang mengaku puas dengan adanya program tersebut. Diakuinya tanah yang dia miliki sudah puluhan tahun tidak memiliki akta tanah.

” Ya, syukur alhamdulillah setelah menunggu satu tahun ini, akhirnya keluar juga akta tanah dari pemerintah, jadi tanah yang saya miliki sekarang mempunyai identitas jelas, karena sebelumnya bodong,” akunya saat ditemui awak media, Minggu (6/1).

Hal senada juga dikatakan Agus masih warga Desa Munjul, dirinya baru membeli tanah tapi pada itu, tanahnya belum bersertifikat.

” Tanah yang saya beli empat tahun lalu memang belum memiliki sertifikat. Nah, dengan adanya program PTSL di Desa Munjul ini, saya sangat terbantu. Apalagi tanah kan merupakan salah satu investasi yang kedepannya akan naik harganya, apalagi sudah memiliki aktanya,” kata Agus.

Sementara Kepala Desa Munjul Zenal Asikin, ditemui saat pembagian sertifikat mengatakan, dirinya hanya sebagai pengemban amanah dari pemerintah pusat melalui Kementerian. Jadi secara bijak dia berikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

” Inikan amanah dari pemerintah pusat melalui Kementrian Pertanahan, sebagai pengemban amanah dan pelayan masyarakat jadi saya sampaikan kepada masyarakat, karena ada hak-hak masyarakat didalamnya,” ungkap Zenal kepada awak media.

Selanjutnya Zenal mengucap terima kasih pada pemerintah daerah yang sudah menurunkan PTSL di Desa Munjul. “ Juga pada semua yang terlibat didalam baik perangkat desa maupun masyarakat yang sudah berkoordinasi, menyukseskan program PTSL ini,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here