Laporan : Sandi/Danni

Cianjur, metropuncaknews.com – Komisi A DPRD Kab. Cianjur, dihadirkan Kepala Desa Cidamar Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Undangan tersebut adalah untuk memusyawarahkan polemik yang diduga tanah milik negara diperjual belikan warga, Rabu (26/05/2021).

Tanah yang menuai polemik tersebut terletak bersebelahan dengan lapangan sepak bola Jayanti. Tepatnya berada di depan Puskesmas Cidaun dan sudah berlanjut kurang lebih 5 tahun.

” Setelah beberapa kali mediasi,  baik dengan pihak penjual maupun pihak pembeli, tapi tidak ada titik temu. Nah, makanya saya sengaja mengundang Anggota Dewan Komisi A DPRD Kabupaten Cianjur, komisi yang membidangi pemerintahan, pertanahan maupun perijinan,” kata Kepala Desa Cidamar Maman Sukarman, Rabu (26/05/2021).

Menurut Maman, dirinya terpaksa mengundang anggota dewan supaya masyarakat dan wakil rakyat paham terkait permasalahan/sengketa tanah yang diperjual belikan warga. Karena tanah tersebut adalah diduga milik negara.

” Artinya, masyarakat harus paham hukum menggunakan tanah negara, apalagi memperjual belikannya,” ujarnya menegaskan.

Salah seorang tokoh masyarakat yang merupakan mantan pegawai kecamatan Cidaun, Edi Supriadi mengatakan, dirinya membenarkan tanah tersebut adalah tanah milik negara.

” Benar tanah yang dimaksud itu adalah milik negara,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Cianjur, Muhamad Isnaeni mengatakan, terkait masalah ini pihaknya akan mengundang BPN dan bagian aset Pemda Cianjur.  untuk mengetahui status tanah tersebut.

” Apabila tanah tersebut benar milik negara, maka statusnya akan dikembalikan ke negara. Dan apabila pihak masyarakat Desa Cidamar menginginkan tanah tersebut menjadi milik aset desa, itu bisa dimohonke pemerintah,” kata Muhamad Isnaeni.

Ebih lanjut Isnaeni mengatakan, mengenai jual belinya itu akan diserahkan terhadap pemerintah daerah. ” Kalau memang dalam jual beli tanah tersebut ada unsur keterkaitan mengenai hukum, itu yang menangani adalah aparat yang berwenang,” tambah Isnaeni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here