Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com ,- Kementrian PUPR PPK PJN 2 Jabar, menurunkan alat berat untuk membersihkan material longsoran yang terjadi pada Minggu (12/01) pagi, di lokasi ambruknya Tebing Hijau atau tanjakan Mala di Kampung Cibodas RT 02/08, Desa Naringgul, Kecamatan Naringgul, Cianjur Selatan, Jawa Barat.

Diketahui, jalan tersebut merupakan akses jalan Nasional lintas Bandung- Cianjur Selatan – Narirnggul – Cidaun. Sehingga wajar jika penanganannya pun langsung dari pihak Kementerian PUPR PPK PJN 2 Jabar.

Dalam pelaksanaannya, di lokasi nampak anggota Polsek Naringgul dan Koramil Cidaun turut mengamankan arus lalu lintas.

Kepala PPK PJN 2 Jabar Suparman ST.MT menjelaskan, untuk sementara pihaknya menurunkan alat berat 1 unit dulu. Yakni Loder untuk membersihkan sekaligus memindahkan batu batu besar material longsor yang berada di bahu dan trotoar jalan.

” Semua tim dari pagi langsung bergerak membersihkan material longsoran, dalam pelaksanaannya kita juga di back up  jajaran anggota TNI-POLRI untuk mengatur arus lalu lintas,” terangnya saat dihubungi melalui telepon sellular, Senin (13/01).

Lanjutnya, selain membersihkan material longsoran di Tanjakan Mala, pihaknya juga telah mengintruksikan pada tim untuk membersihkan material tanah longsoran. erutama yang ada di bahu jalan dan trotoar sepanjang jalan Naringgul- Cidaun, yang terdapat material longsoran akibat hujan deras kemarin.

” Rencananya pengerjaan akan dilaksanakan sampai besok, supaya tidak ada sedikitpun material di lokasi longsoran tebing hijau tanjakan Mala,” tuturnya.

Tak lupa, Suparman juga memohon maaf pada para penguna jalan yang melintas jalur nasional tersebut.  ” Dengan  adanya kejadian itu, tentunya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena perjalanannya jadi terganggu akibat adanya longsoran, namun kami juga akan terus bekerja demi kenyamanan para penguna jalan,” pungkasnya.

Menyikapi hal itu, Asep (45) warga sekitar sangat mengapresiasi upaya Kementrian PUPR PPK PJN 2 Jabar. Ia juga mengucapkan terima kepada pihak terkait yang sigap menangani bencana.

” Alhamdulillah, tadi saya lihat di lokasi lonsoran itu mulai bersih, baik batu besar dan lainnya. Selain menutupi jalan, lonsoran juga menutupi saluran air. Kalau memang diijinkan, agar Kementrian PUPR PPK PJN 2 Jabar, menyediakan/stand by alat berat di dijalur Naringgul-Cidaun atau pos siaga bencana, pasalnya di musim penghujan ini sering terjadi longsor,” ujar Asep.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here