Pembagunan Dinding Penahan Tanah dilakukan pihak PUPR untuk memperkuat badan jalan

Laporan : Shandi 

Cianjur metropuncaknews.com – Kementerian PUPR Wilayah Jabar  PPK V PJN II Jawa Barat, terus genjot perbaikan jalan yang terkena dampak longsoran. Pembangunan tersebut bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi para penguna jalan.

Longsor yang terjadi pada bulan April 2018 di dua titik jalan nasional yang terkena dampak longsoran dari mulai kilometer  214 + 900 dan 215 + 700 dikampung Cilandak, Desa Wangunjaya, Kecamatan Naringgul, Cianjur Selatan, Jawa Barat, kini berangsur pulih.

Berdasarkan hasil pantauan awak media dilapangan, pengerjaan pembangunan Dinding Penahan Tanah (DPT),  untuk  memperkuat badan jalan, dikerjakan selama 119 hari kerja oleh PT.  Rizky Cipta Guna Perkasa dengan Konsultan Pengawas PT. Kwarsa Hexagon.

Segenap warga pun menyambut baik pembangunan tersebut. Seperti,  Daryan (40), salah seorang warga setempat yang mengucapkan banyak terima kasih atas telah diperbaikinya jalan Nasional Bandung-Cianjur, Naringgul-Cidaun.

Daryan juga mengatakan, kini warga tidak khawatir lagi akan terjadi longsor. Karena badan jalan kuat dan aman. Sebab sudah dibangun DPT. “ Tak lupa, kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Kementerian PUPR Wilayah Jabar yang telah mengucurkan anggaran kepada pihak Kontraktor, sehingga bisa mempekerjakan warga di seputaran lokasi peroyek jalan,” ucap Daryan.

Pelaksana lapangan dari PT. Rizkiy Cipta Perkasa, Saepul Anwar (40)  menjelaskan, selama 119 hari, pihaknya akan melakukan pengecoran beton Dinding Penahan Tanah badan jalan. Ditambah lagi pengerjaan sepanjang jalan, yang bahu jalanya dicor beton. “ Itu akan kami lakukan pengaspalan Hotmik. Selain itu juga akan dipasang drinase supaya air hujan tidak masuk ke badan jalan,” jelasnya.

Menurut dia, pemasangan DPT ini, Insyalloh akan memperkuat badan jalan. “ Sehinggga ketika terjadi longsor, maka badan jalan akan tetap kuat, tidak mudah ambruk,” tambahnya.

Disinggung mengenai jasa pegawai, Saepul mengatakan, untuk pekerja harian diluar tenaga ahli, kami memperdayakan warga sekitaran lokasi proyek supaya mereka memiliki pekerjaan.

Saepul bersyukur, karena warga setempat menyambut baik dengan penuh antusias pembangunan Dinding Penahan Tanah di sepanjang jalan yang terkena imbas dari kejadian longsor beberapa waktu yang lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here